Referensi Destinasi Ziarah Katholik di Vilnius

Setelah sebelumnya saya menulis beberapa tempat keagamaan yang pernah saya kunjungi semacam Qutub Minar, situs masjid kuno di New Delhi, candi Borobudur, dan tempat aliran kepercayaan seperti Puncak Suralaya, maka kali ini saya akan memberi referensi kepada pembaca yang beragama Katholik tentang destinasi ziarah Katholik yang berada di Vilnius, Lithuania.

Benua Eropa menyimpan beberapa tempat ziarah bagi umat Katholik dan beberapa diantaranya sudah sangat kondang di kalangan umat. Sebut saja kota Vatikan di Roma – Italia, Lourdes di Perancis, Fatima di Lisbon – Portugal, Gereja Maria El Pilar di Zaragosa – Spanyol, Gereja Sagrada Familia di Barcelona – Spanyol, atau Assisi di Italia. Tempat-tempat tersebut memiliki sejarah dan nilai religius yang sangat tinggi sehingga menjadi destinasi umat Katholik untuk berziarah dan berdoa. Dari sekian banyak destinasi, pengelola tur rohani di Indonesia sepertinya belum pernah membawa peziarah ke Vilnius, ibukota Lithuania.

Menurut referensi yang saya baca dan cerita beberapa teman di Vilnius, kota ini menjadi saksi keajaiban religi Katholik dan mujizat-mujizat. Selanjutnya saya akan memilihkan destinasi-destinasi religius di Vilnius yang layak untuk dikunjungi oleh umat Katholik sebagai berikut:

  1. Gereja Kerahiman Ilahi (Shrine of Devine Mercy)

Yang paling terkenal di kalangan umat Katholik sendiri adalah penampakan Yesus Kristus kepada Suster Maria Faustina Kowalska di Vilnius pada 1934. Peristiwa tersebut kini mewujudkan sebuah devosi Kerahiman Ilahi bagi umat Katholik yang bersumber dari paparan langsung Yesus kepada Suster Faustina. Selain itu, Vilnius juga menjadi saksi sejarah dilukisnya lukisan Kerahiman Ilahi yang didasarkan pada penglihatan Suster Faustina dan dilukis oleh seorang seniman bernama Eugene Kazimierowski. Lukisan tersebut sekarang telah mendunia dan aslinya disimpan di gereja Kerahiman Ilahi di kota tua Vilnius.

Gereja Kerahiman Ilahi
Gereja Kerahiman Ilahi

Gereja ini selalu terbuka bagi para peziarah setiap hari dari jam 08:00 – 19:00 (hari kerja) dan 09:00 – 21:00 (minggu dan hari libur). Misa harian dalam Bahasa Lithuania diadakan setiap hari pada jam 12:00 dan misa mingguan pada hari Minggu jam 12:00 dan 20:00. Sedangkan adorasi kerahiman ilahi (Bahasa Lithuania) diadakan setiap hari Minggu (jam 13:00 – 19:45), Senin-Jumat (08:00 – 19:00), Kamis (19:00 khusus muda mudi) dan Sabtu (12:45 – 16:00).    Jam Kerahiman Ilahi diperingati setiap hari pada jam 15:00.

  1. Gates of Dawn (Gerbang Fajar)

Selain lukisan Yesus, kota ini juga memiliki lukisan Bunda Maria Penuh Belas Kasih (Mater Misericordiae) yang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat Eropa Timur. Lukisan bergaya renaissance ini dilukis pada abad ke-17 dan disebut sebagai Madonna of Vilnius. Adalah Gates of Dawn, sebuah kapel di pinggiran kota tua Vilnius yang dijadikan tempat menyimpan lukisan ini. Beberapa cerita menyebutkan bahwa doa-doa akan terkabulkan di sini. Santo Yohanes Paulus II (Paus Yohanes Paulus II) telah melakukan peziarahan di Vilnius pada 4 September 1993 dan berdoa Rosario di kapel Gates of Dawn. Kapel ini buka dari jam 06:00 – 19:00 sedangkan misa dirayakan di Gereja St. Teresia yang berada di samping kapel. Lokasi Gates of Dawn di Aušros Vartų g. 12.

Gates of Dawn memiliki bangunan yang unik karena memang berbentuk gerbang (gate) yang menghubungkan kota tua dengan kawasan di luarnya. Lukisan Bunda Maria berada diatas jalan masuk yang berbentuk lorong, dan umat Katholik lokal selalu menyempatkan diri untuk berhenti sejenak memandang lukisan yang terlihat di balik jendela sembari membuat tanda salib atau berdoa.

  1. Gereja Santa Teresia (Church of Saint Theresa)

Masih di kawasan Gates of Dawn, tepatnya di depan kapel Gates of Dawn, terdapat gereja Santa Teresia yang memiliki interior sangat indah. Altar yang dihiasi relief dan lukisan bercorak klasik menjadikannya tampak semakin indah dan sakral. Tak ketinggalan lukisan di langit-langit gereja bergaya arsitektur Baroque menjadikan interior gereja semakin indah. Gereja ini dibangun di abad ke-18 dan dimiliki oleh ordo Karmel. Jam buka gereja ini adalah setiap hari pada jam 7:00-12:00 dan dilanjutkan 16:00-19:15. Misa mingguan dirayakan pada Minggu, jam 09:30,11:00  dan18:30 (dalam Bahasa Lithuania). Sedangkan misa harian dirayakan pada jam 09:00 dan 18:30. Khusus untuk Jumat dan Sabtu pertama, misa dirayakan jam 9:00.

  1. Katedral Vilnius dan Kapel Santo Kasimirus (Chapel of Saint Casimir)

Katedral Vilnius memiliki nama lengkap Katedral Basilika Santo Stanislaus dan Santo Vladislaus yang digelari Basilika pada 1922. Dari namanya dapat dibayangkan jika gereja ini sangat besar dan memang begitu adanya. Di samping kiri altar terdapat kapel Santo Kasimirus sebagai penghormatan terhadap Santo Kasimirus sang pelindung negara Lithuania. Di kapel ini pula, Santo Yohanes Paulus II berdoa pada kunjungan ziarahnya tahun 1993. Kapel Santo Kasimirus tidaklah besar namun penuh dengan ornamen yang indah dan diatasnya terdapat kubah yang berlukiskan malaikat-malaikat kecil. Katedral buka setiap hari dari jam 07:00 – 19:00. Misa mingguan diadakan hari Minggu pada jam 8:00, 9:00, 10:00, 11:15, 12.30, 17.30. and 18.30 ( Bahasa Latin). Misa harian di kapel St. Kasimirus pada jam 08:00, 17:30 dan 18:30. Lokasi katedral ini sangat strategis, yaitu di pusat kota tua.

  1. Gereja Santo Kasimirus (Church of Saint Casimir)

Gereja ini kebetulan memiliki nama yang sama dengan kapel yang berada di katedral. Namun demikian letaknya tidak berdekatan dengan katedral. Gereja ini berada di samping Vilnius Town Hall atau masih di sekitaran Gates of Dawn, tepatnya di Didžioji g. 34. Gereja milik ordo Yesuit (SJ) ini mulai dibangun pada tahun 1904 sebagai penghormatan kepada Santo Kasimirus. Sejarah mencatat bahwa gereja ini pernah dijadikan katedral oleh agama Ortodox Rusia, kemudian rusak parah pada masa perang dunia II. Gereja ini juga sempat dijadikan museum atheism pada tahun 1961 namun pada 1989 gereja ini dikembalikan kepada SJ. Misa harian diadakan pada jam 17:45, misa hari Minggu jam 12:00 diikuti dengan pementasan musik rohani. Gereja buka setiap hari jam 09:00 – 18:30 dan 08:00 – 13:30 pada hari Minggu.

  1. Gereja Santo Yohanes di komplek Vilnius University (Church of Saints Johns)

Gereja yang satu ini berada di komplek universitas tertua di Eropa Timur, Vilnius University. Sebagai universitas Yesuit, gereja yang bernama lengkap gereja Santo Yohanes Pembaptis dan Santo Yohanes Penginjil ini juga dikelola oleh ordo SJ. Gereja bergaya arsitektur gothic ini selesai dibangun pada tahun 1426. Disamping sebagai tempat ibadah, gereja ini sempat dijadikan gudang pada masa penjajahan Soviet. Keunikan gereja ini adalah adanya menara lonceng setinggi 68 meter dan menjadi bangunan tertinggi di kota tua Vilnius. Pengunjung dapat menaiki menara ini dengan membayar tiket masuk sebesar €1,5. Istimewanya, gereja ini juga pernah dikunjungi oleh Santo Yohanes Paulus II pada tahun 1993.

  1. Gereja Roh Kudus

Gereja ini merupakan salah satu gereja yang tertua dan terindah dekorasinya di Vilnius, didirikan pada periode keemasan dan akhir gaya arsitektur baroque. Diperkirakan gereja ini merupakan yang pertama berdiri di masa pemerintahan Gediminas di Lithuania, bahkan sebelum konversi negara ke Kristen. Pada awal abad ke-15 Grand Duke Vytautas membangun Gereja Roh Kudus, yang kemudian diberikan kepada ordo Dominikan, yang tertua di Lithuania. Pada 1679-1688 Gereja diperluas dan direkonstruksi. Di pertengahan abad ke-19 pemerintah Tsar menutup biara, dan menetapkan Gereja menjadi paroki. Gereja ini sekarang menjadi gereja komunitas orang Polandia dan misanya pun dirayakan dengan Bahasa Polandia. Gereja terbuka untuk umum setiap hari dari jam 15:00 – 19:00. Lokasi gereja ini berada di samping gereja Kerahiman Ilahi, di Dominikonų g. 8.

  1. Gereja Santa Anna (Church of Saint Anne)

Tidak ada referensi yang jelas kapan gereja ini tepatnya dibangun. Para ahli percaya bahwa gereja Santa Anna ini telah berdiri kurang lebih selama 500 tahun. Hal yang indah dari gereja ini tidak lain adalah arsitekturnya. Dengan model gothic dan bata ekspos, tak mengherankan jika fisik bangunan tampak antik, anggun, eksotis dan megah. Orang pun menyebut gereja ini sebagai mahakarya gothic.

Gereja St Anne
Gereja St Anne

Sebuah cerita menyebutkan bahwa penguasa Perancis kala itu, Napoleon Bonaparte, pun jatuh hati pada keindahan gereja ini hingga ia berkata bahwa jika bisa ia akan menggenggamnya dan membawanya ke Paris. Meskipun pada kenyataannya, Napoleon menggunakan gereja ini untuk markas kavaleri.

Jendela Gereja Santa Anna
Jendela Gereja Santa Anna

Gereja St Anna, yang bertahan sampai sekarang tanpa berubah selama lebih dari 500 tahun, telah menjadi simbol Vilnius. Tampak lebih dekat, orang dapat melihat huruf A dan M di fasad utama gereja Santa Anna. Huruf A dan M mewakili kata-kata dalam bahasa Latin, yaitu Ana Mater Maria atau Ave Maria, yaitu “Santa Anna – Ibu Maria” atau “Salam Maria”. Gereja ini  terbuka untuk umum setiap hari dari jam 11:00 – 18:00 (selama Mei  – September) dan 17:00 – 19:00 (selama Oktober – April). Misa harian dalam Bahasa Lithuania dirayakan Selasa – Sabtu pada jam 18:00, sedangkan misa mingguan pada Minggu jam 09:00 dan 11:00. Gereja ini berada di luar kota tua, yaitu di jalan Maironio g. 8.

  1. Gereja Santo Fransiskus dari Assisi (disebut juga Gereja Bernardine)

Dari namanya, mungkin sebagian pembaca mengetahui bahwa gereja ini dikelola oleh para Fransiskan. Gereja ini mulai dibangun pada pertengahan abad XV oleh para misionaris Fransiskan dengan fungsi utama sebagai gereja dan biara. Di masa perang dunia, gereja ini beralih fungsi menjadi tempat pertahanan dan di masa penjajahan soviet, gereja ini difungsikan menjadi gudang. Para biarawan Fransiskan kembali ke gereja Bernardine setelah runtuhnya soviet dan merdekanya Lithuania. Kompleks Bernardine telah dinyatakan sebagai monumen warisan budaya Lithuania, dan pada tahun 2008  diberikan status proyek budaya yang penting bagi negara. Uniknya, gereja ini bersebelahan dengan gereja Santa Anna.

Gereja Santa Anna (kiri) yang berlokasi berdempetan dengan Gereja Benardine (kanan)
Gereja Santa Anna (kiri) yang berlokasi berdempetan dengan Gereja Benardine (kanan)

Gereja terbuka untuk umum setiap hari dimana Senin – Jumat buka dari jam 07:00 – 19:00, sedangkan Sabtu dan Minggu buka dari 08:00 – 19:00. Misa harian dirayakan pada jam 07:30 (Senin, Selasa, Kamis dan Jumat), pada 07:30 dan 18:00 (Rabu) dan 09:00 dan 18:00 (Sabtu). Untuk misa mingguan dirayakan Minggu pada jam 10:30, 13:00 dan 17:00 (Bahasa Lithuania). Bernardine juga mengadakan misa berbahasa Inggris setiap Minggu jam 09:00. Gereja Bernardine juga mengadakan ekskursi (tur) sejarah yaitu susur gereja yang diadakan tiap hari Selasa hingga Sabtu. Untuk lebih jelasnya bisa membuka laman Benardine di sini.

  1. Gereja Santa Maria Asumpta (Church of our Lady of the Assumption)

Salah satu gereja tertua di Vilnius karena dibangun pada abad XIV. Gereja ini terkenal dengan patung Bunda Putih Tuhan (The White Mother of God) yaitu patung Bunda Maria berwana putih dengan visualisasi seperti sosok perempuan yang ditulis dalam kitab Wahyu 12:1-2. Umat Katholik di Vilnius menganggap bahwa patung sang Bunda ini adalah visualisasi Bunda Maria yang sedang mengandung.

Patung Bunda Maria Putih di Gereja Santa Maria Asumpta
Patung Bunda Putih di Gereja Santa Maria Asumpta

Gereja tua ini menjadi saksi bisu sejarah kelam pendudukan soviet dimana saat itu soviet tak segan untuk menghancurkan gereja. Konon, para umat menyembunyikan patung Bunda Putih tersebut disuatu tempat rahasia dan baru diketemukan beberapa tahun belakangan dibalik reruntuhan sebuah tembok. Ajaibnya, patung tersebut tak lecet sedikitpun. Banyak umat di Vilnius percaya bahwa patung ini dilindungi oleh Sang Kuasa dan tak sedikit pula yang percaya bahwa doa-doa yang diunjukkan melalui perantaan Bunda Maria (yang didoakan) di depan patung Bunda Putih ini akan dikabulkan Tuhan.

Gereja Fransiskan ini sekarang sedang direnovasi meskipun tetap terbuka untuk umum setiap hari pada jam10:00 – 20:00 dan beralamat di Trakų g. 9 / Pranciškonų g. 1.

  1. Gereja semua Santo Santa (Church of All Saints)

Gereja ini dibangun antara 1620 dan 1630, yang merupakan akhir masa arsitektur baroque. Karena pendiri gereja adalah Ordo Karmel, gereja ini kemudian disebut Karmel Baroque. Interior gereja memiliki banyak ornamen berbentuk patung, lukisan dan relief yang memberi keindahan pada ruangan gereja.

Suasana di dalam Gereja Semua Santo Santa
Suasana di dalam Gereja Semua Santo Santa

Gereja dan biara ini sempat ditutup antara 1832 dan 1886 hingga sebagian besar karya seni bertebaran. Pada tahun 1904, atas prakarsa Imam Čudovskis, gereja dipulihkan dan dilakukan restorasi pada lukisan dinding. Pada tahun 1991 (setelah berakhirnya soviet), gereja ini dikembalikan ke Gereja Katolik dan beberapa lukisan dikembalikan untuk kembali dipasang di dalam gereja. Pada zaman soviet, gereja dirubah menjadi sebuah museum seni rakyat.

Gereja buka untuk umum pada Senin – Jumat, pada jam 9.00–19.00 dan Minggu pada jam 8.00 – 14.00. Gereja ini masih berada di kawasan Kota Tua, di alamat Rūdninkų g. 20/Visų Šventųjų g. 1.

Selain tempat-tempat tersebut, Vilnius masih memiliki belasan gereja tua (baik Katholik maupun Ortodox) peninggalan sejarah yang pernah dirusak/ dihancurkan soviet. Kini beberapa gereja direstorasi tapi beberapa juga dibiarkan kosong karena sangat rusak.

Itulah beberapa destinasi ziarah yang recommended untuk dikunjungi oleh umat Katholik. Selain kesebelas gereja/kapel di atas, sebenarnya masih ada beberapa gereja yang bisa dikunjungi tergantung waktu dan minat peziarah.

Selamat berziarah. Have a faithful trip!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *