Wisata di Kuningan Jawa Barat (1)

Sudah lama saya tidak melancong sendirian, alias solo taveling. Kesibukan di tempat kerja yang tak ada habisnya lama-lama bisa membuat saya gila. Dan akhirnya saya merencanakan solo traveling ke sebuah kabupaten yang tak terkenal namun saya dengar banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi. Tak jauh dari Jakarta namun juga tak dekat, hingga akhirnya saya memutuskan untuk menginap semalam di sana. Letaknya yang di lereng Gunung Ciremai membuat kabupaten ini selalu terasa sejuk meski di kemarau. Kabupaten ini ternyata juga sedang bergeliat mempromosikan pariwisatanya. Saya melangkahkan kaki ke Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, untuk menjelajahi wisata di Kuningan.

Dari beberapa referensi yang saya baca di dunia maya, ternyata Kabupaten berlambang kuda ini memiliki banyak wisata alam andalan. Mungkin karena letaknya yang berada di lereng Gunung Ciremai. Selain obyek wisata alam, Kuningan juga menyajikan obyek wisata sejarah karena kota kecil ini menjadi saksi bisu Perundingan Linggarjati antara belanda dan Indonesia dimana belanda akhirnya mengakui secara De Facto Republik Indonesia. Tak kalah menarik, ada pula situs purbakala Cipari yang seakan memperkaya pilihan wisata di sini, tak hanya sejarah tapi juga prasejarah. Selain itu ada pula wisata relijius Katholik yang ditawarkan Kuningan seperti Goa Maria Sawer Rahmat.

Curug Putri di Bumi Perkemahan Paluntungan
Curug Putri di Bumi Perkemahan Palutungan

Menurut buku panduan wisata yang diterbitkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kuningan (dan tambahan informasi dari beberapa laman), setidaknya ada belasan destinasi menonjol di Kuningan seperti berikut:
1. Gedung Pertemuan Linggarjati
2. Taman Purbakala Cipari
3. Taman Wisata Linggarjati Indah
4. Gunung Ciremai
5. Lembah Cilengkrang
6. Bumi Perkemahan Palutungan (Curug Putri)
7. Goa Maria Sawer Rahmat
8. Curug Bangkong
9. Curug Sidomba
10. Pemandian Air Panas Sangkanhurip Alam
11. Desa Wisata Cibuntu
12. Desa Wisata Sitonjul
13. Kolam Ikan Cigugur
14. Kolam Ikan dan 7 Sumur Cibulan
15. Waduk Darma
16. Telaga Remis

Ikan Dewa di obyek wisata Cibulan
Ikan Dewa di obyek wisata Cibulan

Selain tersebut diatas, Kuningan juga memiliki beragam taman rekreasi bernuansa air (water park) semacam Tirta Agung mas, Sangkan Resort Aqua Park dan The Mountain Recreation Park.
Taman purbakala Cipari
Taman purbakala Cipari

Transportasi
Perjalanan saya ke Kuningan dimulai dari Cirebon, dengan menumpang Kereta Cirebon Express, dari stasiun Gambir menuju stasiun Cirebon Kejaksan. Setelah itu sambung angkot 05 dari depan stasiun menuiu terminal untuk berganti minibus ELF menuju ke Kuningan. Ada beragam tujuan ELF yang mangkal di depan terminal dan di pasar sebelum terminal, untuk itu silahkan bertanya pada kondekturnya kemana si ELF akan pergi dan pastikan ELF yang akan anda tumpangi menuju ke Kuningan.

Stasiun Cirebon
Stasiun Cirebon

Sebenarnya ada moda transportasi lain dari Jakarta, yaitu bus umum. Namun saya pribadi kurang berminat memakai bus karena saya sengaja ingin mencoba menaiki moda transportasi kereta Cirebon Express atau yang kondang disebut Cirex.

Akomodasi
Menikmati Kuningan menurut saya tidak dapat diselesaikan dalam sehari perjalanan. Idealnya mungkin 3 hari 2 malam akan terasa memuaskan. Namun saya sendiri memutuskan untuk tinggal hanya semalam di sini. Pemda Kuningan memusatkan kawasan perhotelan di Sangkanhurip, Kecamatan Cilimus, dan disini terdapat aneka hotel dari yang berbintang hingga melati. Sebenarnya jika melihat waktu berkunjung saya, di akhir minggu Ramadhan, mencari akomodasi langsung di lokasi tak kan sulit. Namun karena tidak mau repot, saya memesan secara daring (online) dari sebuah situs penyedia jasa reservasi hotel bernama agod^.com

Saya sempat berselancar di beberapa situs reservasi hotel seperti book^ng.com, rajakam^r.com atau travel^ka.com, namun sepertinya hotel-hotel di Kuningan belum banyak yang bekerjasama dengan situs tersebut. Akhirnya saya menemukan beberapa pilihan hotel di agod^.com. Sayangnya tidak ada hotel melati yang ditampilkan, hanya hotel berbintang saja. Nah cerita selanjutnya akan saya tulis di liputan tentang beberapa destinasi Kuningan pada post selanjutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *