Uniqlo Ultra Light Down Jacket: Sekadar Reviu

Berada di udara dingin hingga minus 14 derajat Celcius tentunya sangat menakutkan di benak saya sebagai orang tropis. Beberapa waktu lalu saya berada di bumi Eropa dimana saat cuaca sedang memasuki periode dingin (meskipun bukan yang terdingin). Bagi anda yang hendak bepergian ke Eropa utara dan Amerika utara saat musim dingin ini, ada baiknya anda mempersiapkan diri dengan pakaian yang mendukung untuk suhu ekstrim. Kata orang sana, tidak ada cuaca buruk, yang ada hanyalah pakaian yang buruk. Bagi saya yang tidak suka ribet, saya memilih pakaian yang seringan mungkin dan se-simple mungkin karena saya tidak mau pergerakan saya jadi ribet gara-gara kebayakan baju yang dipakai. Salah satu jaket yang recommended untuk winter adalah Ultra Light Down Jacket dari Uniqlo yang saya beli di salah satu mal di Ibukota. Berikut reviunya:

Bahan

Dari keterangan di labelnya, jaket ini berbahan nylon yang dipadukan dengan isian bulu angsa (down) asli.

Berat

Salah satu keunggulan jaket ini adalah beratnya yang sangat ringan. Dibandingkan dengan jaket bulu angsa konvensional, jaket Uniqlo ini sangat ringan dan ringkas sesuai dengan namanya. Beratnya hanya sekitar 200gram! Sangat ringan bukan?

Design

Design menjadi salah satu prioritas saya dalam membeli jaket ini. Saya tidak mau mati gaya di depan kamera. Hahaha. Soal design sebenarnya tidak terlihat istimewa, hanya potongan jaket yang pas dan bodyfit dan warna yang kalem membuat saya tertarik untuk membelinya. Selain itu, jaket ini dapat dilipat sedemikian rupa dan dimasukkan dalam kantong khusus sehingga sangat praktis untuk dimasukkan ke ransel, alias tidak makan tempat. Jika ransel penuh, anda bisa menggantungkannya di ransel dan masih stylish koq.

Teknologi

Uniqlo menyebut tehnologinya dengan nama heattech yang membuat kehangatan maksimum meskipun ketebalan jaket sangat minimum.

Harga

Untuk ukuran kantong saya, harga jaket ini sangat mahal, namun sepadan dengan kualitasnya dan fakta di lapangan.

Penampakan jaket dalam kantong
Penampakan jaket dalam kantong

Fakta di lapangan

Saat suhu masih disekitaran +2 atau +3 derajat Celcius, saya hanya menggunakan daleman kaos dan langsung menlindungi tubuh saya dengan jaket ini. Aktivitas di luar ruangan semacam jalan-jalan pun sangat nyaman tanpa terasa dingin. Meskipun tetap harus memakai kaos tangan, penutup kepala dan syal.

Pada suhu 0 hingga -5, saya memakai daleman khusus thermo atau yang sering disebut longjohn. Saya menggunakan merk yang sama dengan teknologi heattech dan hasilnya, hangat! Dan tentunya tidak ribet karena harus pakai baju berlapis.  Untuk bawahan, saya hanya memakai jeans merek Lois dan lumayan tidak membuat saya kedinginan. Faktor penting di suhu dingin adalah sepatu karena kaki akan menapaki saju dan tanah yang sangat dingin. Sepatu khusus musim dingin yang anti air dengan lapisan wool (atau sejenisnya) akan sangat mendukung kehangatan tubuh. Tentu saja kaos kaki model thermo juga akan lebih baik digunakan.

Suhu -5 hingga -14. Saat suhu lebih dari minus 10, semua terasa sangat dingin bak di dalam freezer dan mengharuskan kita untuk survive dengan pakaian yang pas. Agar nyaman saat melancong, saya memakai tiga lapis: pertama longjohn heattech, sweater berbahan fleece, dan jaket ultra light down. Meski tiga lapis namun tidak berat di tubuh dan tidak mengganggu pergerakan saya. Selain itu saya memakai pelindung leher dari bahan fleece yang juga dari Uniqlo. Leher adalah area sangat sensitive dingin sehingga diperlukan pelindung yang pas untuk suhu minus. Syal dari wool bisa menjadi alternatif. Pilihlah kaos tangan khusus winter yang memiliki dua lapisan, yaitu wool/ fleece di dalam dan polyester/ kulit di luar untuk kehangatan tangan. Selain itu adalah sepatu dan sepatu! Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, sepatu khusus winter yang tahan air akan menjadi keharusan untuk digunakan di suhu minus. Di pasaran Indonesia, anda dapat menjumpainya di toko perlengkapan outdoor dengan berbagai pilihan model dan merek.

Jadi bila anda hendak melancong ke negara dengan musim dingin, persiapkanlah winter gear anda agar momen liburan anda tidak terganggu oleh cuaca dan (tanpa bermaksud promosi) semoga reviu ini bermanfaat untuk referensi anda.

Have a chilly trip!

Penampakan jaket saat cuaca minus 14 derajat celcius
Penampakan jaket saat cuaca minus 14 derajat celcius

2 thoughts on “Uniqlo Ultra Light Down Jacket: Sekadar Reviu

    1. Iya kak, Heattech biasa (produk termo/ longjon). klo ndak salah itu dulu yg paling murah di display Uniqlo. Sy udah lama ga nge-mall, jd ga tau updatenya klo ada heattech yg lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *