Terbang dengan Lufthansa

Akhirnya sampai juga di Bandara Soekarno Hatta sore ini. Kali ini saya kembali menggunakan maskapai jerman, Lufthansa, untuk menerbangi seperempat bola dunia menuju benua biru.

Bulan ini di beberapa tempat sudah turun salju, terutama di belahan Eropa Barat. Logistik pun sudah saya siapkan, dari pakaian hangat hingga boots baru dan koper baru.hehe. Dan saya akan sedikit bercerita mengenai Lufthansa dimulai saat checkin.

image

Maskapai ini sangat strict untuk kebijakan bagasinya. Untuk kelas ekonomi, penumpang mendapatkan gratis satu piece bagasi dengan maksimum berat 23Kg. Bagasi saya yang 24.6Kg pun diharuskan dikurangi bobotnya menjadi kisaran 23Kg. Walhasil, saya harus bongkar pasang bawaan saya untuk dipindahkan ke ransel.

Menurut penjaga konter checkin, ekses bagasi tidak disarankan. Namun penumpang dapat menambah bagasi kedua/ second piece dengan tambahan biaya USD200. Jadi jika anda akan terbang dengan Lufthansa, bisa memperkirakan jumlah kilogram bagasi anda. Tentu saja anda akan mendapatkan kilogram lebih, jika naik kelas ekonomi premium, bisnis, dan first class.

Selain itu, bawaan di kabin juga dibatasi hanya satu koper/ransel/tas saja. Meskipun saya lihat tas laptop (model postman) dan tas jinjing wanita diperbolehkan naik ke kabin bersama koper/tas kabinnya. Berat tas kabin ditimbang maksimal 8Kg. Jika lebih dari itu, saya tidak tahu bagaimana 🙂

Sejak Mei 2014, Lufthansa menerbangi Jakarta Frankfurt via KL. Sebelumnya, jurusan Frankfurt dilayani dari singapore. Hal ini lumayan memangkas waktu tempuh karena penumpang dari Jakarta tak perlu bertransit lama di singapore.

Penerbangan saya sebelumnya dengan Lufthansa memberi pengalaman menaiki Airbus A380, pesawat sipil terbesar di dunia. Penerbangan Jakarta Frankfurt saat ini menggunakan Airbus A340 dan ini akan menjadi pengalaman baru juga buat saya.

Cerita tentang Lufthansa akan bersambung…

image
Ready to board

4 thoughts on “Terbang dengan Lufthansa

  1. Hai salam kenal…
    Mau tanya untuk bagasi …”Untuk kelas ekonomi, penumpang mendapatkan gratis satu piece bagasi dengan maksimum berat 23Kg”.
    Misalkan koperku jenis yang kecil 2 buah dan total masih 23kg apa diperbolehkan?

    Thanks.
    Yasmin

    1. Hi Yasmin. Salam kenal juga. Sesuai aturan bagasi Lufthansa, kelas ekonomi hanya diperbolehkan membawa satu bagasi (one piece) dengan berat maksimal 23 Kg. jadi meskipun kita bawa dua bagasi dengan berat total max 23kg, hal ini tidak diperbolehkan. Menurut saya, lebih baik dijadikan satu aja Yasmin. Jika membawa bagasi ke dua, penumpang akan dikenai biaya tambahan.
      Silahkan cek di web LH berikut http://www.lufthansa.com/id/en/Free-baggage-rules

      1. Ooh I see…trus saya baca lagi “The maximum size per piece of baggage, regardless of class, is 158 cm (width + height + depth)” …Itu cara ngitungnya Panjang + Lebar + Tinggi? bukan dikali ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *