Taman Mini: Mengelilingi Indonesia dalam Sehari

Halo Bro dan Sist!

Mungkin sebagian dari Bro-sist memiliki cita-cita mengelilingi Negeri tercinta ini, untuk sekadar bertualang dan mengetahui budaya serta kekayaan alamnya. Dari Sabang sampai Merauke, berjajar 1.700an pulau dengan segala adat istiadatnya. Nah, untuk mewujudkan impian tersebut memang tidak mudah Bro-Sist, tentunya faktor ketebalan dompet menjadi faktor penentu tercapainya impian ini. Namun, jangan berkecil hati dulu karena impian Bro-Sist dapat terealisasi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta.
TMII adalah sebuah taman kebudayaan dimana didalamnya disajikan replika kebudayaan Nusantara dalam bentuk rumah adat dengan interior maupun eksterior asli dari sebuah daerah. Replika yang disebut juga anjungan ini dibangun berdasarkan jumlah provinsi yang ada di Indonesia. Pada awal dibukanya TMII, Indonesia baru memiliki 26 provinsi, setelah itu bertambah satu yaitu provinsi Timor Timur. Seiring dinamika politik kebangsaan, saat ini anjungan Di TMII ada sebanyak 33 yang mewakili jumlah provinsi. Sebentar lagi tampaknya akan bertambah satu seiring lahirnya provinsi baru, Kalimantan Utara.

Rumah Gadang, sesuai aslinya di Sumatera Barat
Rumah Gadang, sesuai aslinya di Sumatera Barat

Anjungan-anjungan provinsi di sini memaparkan sejarah, kesenian, hastakarya dan tradisi dari setiap provinsi. Selain anjungan rumah adat, TMII juga menghormati keberagaman Indonesia dalam hal keyakinan. Di sini terdapat tujuh tempat peribadatan semua agama yang diakui oleh pemerintah.

Selain itu, luasnya kawasan TMII juga diisi dengan sarana rekreasi lain yang berbentuk taman. Kalau tidak salah, TMII memiliki 10 taman yang menampilkan keanekaragaman flora dan fauna nusantara. Contohnya adalah taman anggrek, taman apotek hidup, taman kaktus, taman burung (direkomendasikan), taman budaya Tionghoa, dll.

Kekayaan budaya dan alam Nusantara juga tersaji dalam aneka museum yang berada di sini. Menurut beberapa referensi, ada 16 museum di TMII. Favorit Juicytrip adalah Museum Indonesia. Kenapa? Karena desain bangunannya yang sangat indah dan artistik khas Bali. Melihat gapura museum ini serasa berada di Bali, ditambah ornamen-ornamen pahatan khas pulau dewata membuat suasana Bali makin kental. Selain itu, isi museum juga tak kalah menarik. Berbagai produk budaya setiap provinsi ditampilkan di sini. Dari pakaian adat, alat musik hingga berbagai replika alat alat untuk bertani dan mencari ikan.

Gerbang museum Indonesia
Gerbang museum Indonesia

Museum lainnya adalah museum Purna Bakti Pertiwi yang berisi koleksi barang milik Presiden Suharto, museum perangko, museum transportasi, museum listrik, museum telekomunikasi, museum reptil (ada komodonya), dll.

Yang juga menarik di sini adalah teater IMAX di Keong Mas. Ini adalah teater IMAX pertama d Indonesia yang menampilkan berbagai film dokumenter terkait Indonesia dalam format layar super raksasa. Sekarang ada satu wahana yang cukup kondang yaitu Snow Bay water park. Di sini bro-sist dapat bermain air sepuasnya bersama keluarga dengan membayar tiket terpisah.

Gapura anjungan provinsi Bali (seperti aslinya di Bali)
Gapura anjungan provinsi Bali (seperti aslinya di Bali)

Karena sangat luas, pengunjung dibebaskan untuk membawa kendaraannya, mobil pribadi, motor dan sepeda, untuk berkeliling dalam kawasan TMII. Meakipun demikian ada moda transportasi lain yg ditawarkan oleh TMII. Ada shuttle car, monorel, kereta gantung dan sepeda rental. Juicytrip merekomendasikan bro dan sist untuk melihat TMII Dari atas dengan kereta gantung. Dengan Rp.30.000 bro-sist bisa menikmati ‘Indonesia’ dari atas.

Bro-sist bisa memotret panorama danau buatan dengan miniatur pulau-pulau Indonesia yang dilewati oleh kereta gantung. Jika kalian datang bersama pasangan, ada baiknya menyewa sepeda tandem agar lebih seru. Hehehe.

Dari 33 anjungan, Juicytrip memiliki anjungan favorit karena keaslian anjungan tersebut hingga memberi kesan seperti berada di daerah itu. Ada anjungan Provinsi Bali, Sumatra Barat, dan Sulawesi Selatan. Anjungan lain juga tak kalah unik dan sangat bagus untuk menambah pengetahuan.

Replika rumah adat Toraja dai anjungan provinsi Sulawesi Selatan
Replika rumah adat Toraja dai anjungan provinsi Sulawesi Selatan

TMII adalah sebuah destinasi yang sarat pendidikan dan pengetahuan kebudayaan Nusantara. Tak mengherankan pula jika banyak traveler asing yang mengunjungi TMII. Buat siapa saja, dari anak-anak hingga dewasa dapat menikmati tempat ini. Terlebih bagi warga Jakarta yang semakin sulit menemukan taman rekreasi.

Sekadar informasi, TMII ini lahir atas gagasan Ibu Tien Suharto, dan mulai dibangun pada tahun 1971 dan diresmikan oleh suaminya pada 20 April 1975. Sebuah tujuan mulia yang diinginkn Bu Tien agar budaya Nusantara dapat dilestarikan dan dapat memperkuat persatuan dan kesatuan, terutama bagi para generasi muda.

Selamat berkeliling Indonesia di TMII. Happy Traveling!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *