Situ Gede Bogor: Danau Kecil nan Asri

Sepintas suasana di danau ini mirip dengan danau-danau di eropa. Rimbunnya hutan terlihat memadati pinggir danau yang tenang dan asri. Bayangan pepohonan terpantul di permukaan danau dan sayup-sayup terdengar suara burung dan belalang yang bersahutan di sore hari. Suasana sore yang sejuk dan pemandangan alam yang indah membuat mata ini seakan tak henti berkedip. Jauh diseberang sana, beberapa pemancing tampak khusuk memandangi pelampung yang sewaktu-waktu memberi isyarat disantapnya umpan. Beberapa perahu hias berbentuk bebek tampak berlalu lalang di salah satu sudut danau yang asri bernama Situ Gede di kota Bogor.

Sore itu saya dan kawan-kawan perjalanan menaiki angkot nomor 02 dari depan BTM menuju ke pertigaan Cifor di barat kota Bogor dan selanjutnya ganti ke angkot nomor 15. Enaknya menjelajahi kota bogor adalah ketersediaan angkutan kota yang melimpah dan menurut sang sopir angkot 15, angkot beroperasi hingga jam 21:00.

Situ Gede di Bogor
Situ Gede di Bogor

Pemancing
Pemancing

Perahu bebek kayuh
Perahu bebek kayuh

Situ Gede tak jauh lokasinya dari kota Bogor, atau sekitar 30 menit kami menaiki angkot hingga akhirnya kami berhenti di samping depan kantor Kelurahan Situ Gede. Di sebelah kantor ini tampak tempat parkir mobil dan di belakangnya terhampar pemandangan danau dan pohon yang sangat menyejukkan mata. Rimbun hutan itu adalah hutan CIFOR atau Centre Internasional Forestry Research yang dikelola oleh Kementerian Kehutanan. Hutan ini juga dikenal dengan nama hutan Dramaga.

Pepohonan di hutan Dramaga
Pepohonan di hutan Dramaga

Terang saja, hutan penelitian tersebut menambah kesejukan danau yang sore itu tampak kalem dibawah langit yang mendung. Sebenarnya perjalanan saya dan kawan-kawan adalah untuk menyaksikan matahari terbenam karena kami bisa membayangkan jika bayang mentari yang berwana jingga akan tercermin di atas permukaan danau yang tenang. Tapi sepertinya alam belum memberi kesempatan kepada kami karena awan yang menggumpal tebal di ufuk barat.

Sore di Situ Gede
Sore di Situ Gede
Beberapa pasangan di menikmati danau
Beberapa pasangan sedang menikmati pemandangan danau

Suasana alam di Situ Gede tampaknya sangat cocok untuk menjadi alternatif destinasi di Bogor selain kebun raya. Meski saat ini belum dikelola dengan baik, animo masyarakat tampak tinggi dilihat dari jumlah kendaraan yang terparkir di sini. Ada baiknya jika Pemkot mulai menata tempat ini dan diberi fasilitas umum semcam WC umum atau sekadar bangku taman untuk duduk-duduk.

Jalan untuk mengelilingi danau
Jalan untuk mengelilingi danau

Jadi saat anda bosan dengan kebun raya, anda bisa meluncur ke Situ Gede untuk menikmati hutan, danau dan suasana hutan yang asri dan sejuk. Selamat melancong ke Situ Gede Bogor.
©thejuicytrip

Dua pejalan di Situ Gede
Dua pejalan di Situ Gede

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *