Senja di Kesirat

Memandangi langit di ujung barat yang semakin berwarna keemasan membuat hati ini berasa tenteram. Angin laut dan suara ombak membentur karang seakan menambah syahdu suasana sore itu di sebuah pantai di ujung barat kabupaten Gunungkidul, D.I. Yogyakarta. Pantai Kesirat namanya, seakan jauh dari hiruk pikuk pemberitaan yang didominasi pantai main stream. Di pantai ini saya dimanjakan oleh senja yang sore itu tak henti mencumbui para pejalan yang menunggunya.

Nama Kesirat memang cukup asing di telinga saat membahas pantai-pantai di Gunungkidul karena lokasinya yang tidak di jalur padat pejalan seperti Tepus. Kesirat berada di daerah barat kabupaten atau tepatnya di desa Girikarto, kecamatan Panggang. Aksesibilitas dari kota Jogja pun lebih enak dari daerah Imogiri, bukan dari jalan Wonosari yang menjadi jalur utama menuju kota Wonosari dan pantai di tengah/ timur.

Tebing di barat Kesirat
Tebing di barat Kesirat

Senja! Itulah keistimewaan di Kesirat. Tak ada kata selain keindahan untuk menggambarkan senja dan matahari terbenam di ufuk barat. Kesirat memiliki icon yang sangat membuatnya semakin indah dipandang, yaitu sebuah pohon Gebangkoro yang berada di ujung tebing.

Pohon Gebangkoro penunggu senja
Pohon Gebangkoro penunggu senja

Gebangkoro bagai setia menunggu senja di setiap harinya. Mungkin dia memang setia dengan senja karena dia yang sendiri setiap hari memandangi laut seperti merindukan sang senja.

Menjelang senja di Kesirat
Menjelang senja di Kesirat

Tak ada pantai berpasir seperti layaknya pantai konvensional, Kesirat sungguh tidak biasa karena hanya berupa tebing karang yang seperti berbaris menghalau ombak agar tak menggerus daratan. Dari atas bukit inilah pertunjukan digelar dan para pejalan duduk di gundukan bagai di gedung teater untuk menunggu pertunjukan berupa mentari terbenam.

Pejalan menunggu senja
Pejalan menunggu senja

Saya dan banyak pejalan sangat menikmati pertunjukan sore itu, salah satu senja terindah yang pernah saya lihat. Senja di Kesirat.

Pohon dan senja
Pohon dan senja

Aksesibilitas:
Akses ke pantai ini sama seperti ke pantai Gesing. Silahkan lewat jalan Imogiri menuju Panggang dan setelah sampai di Panggang, silahkan ikuti plang ke pantai Gesing. Di dekat Gesing, tanyalah pada penduduk setempat.

Selamat menonton pertunjukan senja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *