Pantai Nglambor, yang Hits di Gunungkidul

Pantai di gunungkidul mana saja pernah anda kunjungi? Salah satu pantai yang sedang hits saat ini dikalangan pejalan adalah pantai Nglambor yang terkenal karena dapat dijadikan tempat snorkeling. Kehebohan Nglambor pun terdengar riuh di media sosial yang menampilkan aneka gambar netizen yang sedang snorkeling di situ. Nglambor memiliki keunikan tersendiri karena kontur pantainya berbentuk teluk dan keberadaan pulau Nglambor yang menghambat ombak samudera memasuki pantai.

Nglambor kini semakin kondang dan hal ini dapat dilihat dari kepadatan wisatawan yang menjejali Nglambor saat hari libur. Saat libur panjang minggu kemarin, tepatnya 16 Mei 2015, Nglambor dan berbagai pantai mainstream seperti pantai Pulang Syawal, Sundak, Kukup, Krakal, Sepanjang dan Baron, di Gunungkidul dipadati oleh para pejalan dari luar daerah. Ribuan mobil mengular menaiki jalan Wonosari dari pagi hari dan kemacetan pun terjadi di kawasan jalan penghubung pantai Baron hingga ke pantai Pulang Syawal.

Ramai pejalan di Nglambor
Ramai pejalan di Nglambor

Nglambor pun tak ketinggalan menyambut riuhnya para wisatawan yang ingin menghabiskan siang di pantai. Hamparan pasir putih dan teluk berlantai karang berpadu secara apik untuk dijadikan tempat mantai. Pilihan aktivitas untuk snorkeling tampaknya menjadi daya tarik buat wisatawan untuk mencoba ‘nuansa lain’ dalam menikmati pantai gunungkidul. Praktis hanya Nglambor lah yang bisa dijadikan lokasi untuk snorkeling di Gunungkidul meskipun kondisinya tak sesempurna snorkeling di pantai lepas macam di kepulauan Gili atau Karimun Jawa.

Seperti kata pepatah, tak ada rotan akar pun jadi, tak ada Gili Nglambor pun jadi. Kerinduan masyarakat Jogja pada wahana wisata alam alternatif seakan terobati di sini. Mungkin ratusan orang mantai di sini hari itu seperti terlihat dari kepadatan pantai dan parkiran motorpun terlihat melebihi kapasitas.

Jernih air berpadu dengan hijau perbukitan
Jernih air berpadu dengan hijau perbukitan

Pengelola jasa snorkeling mematok tarif Rp. 35.000 per jam untuk sewa alat dan pelampungnya. Snorkeling di atas lantai karang di pantai Nglambor tampak mengasikkan meski air akan semakin surut lepas tengah hari. Waktu yang tepat untuk aktivitas ini adalah pagi hingga tengah hari. Aneka ikan di air yang sangat jernih dan hampir tak ada ombak menjadikan pantai Nglambor sangat tepat untuk snorkeling.

Pejalan memadati Nglambor
Pejalan memadati Nglambor

Ikan di pantai Nglambor
Ikan di pantai Nglambor

Aktivitas lain yang menarik untuk dilakukan adalah mendaki pulau Nglambor yang teletak di sebelah kiri pantai untuk melihat sudut pandang lain Nglambor. Selain itu, bukit di sebelah barat pantai Nglambor menjadi favorit para pejalan untuk mengabadikan gambar pantai dari atas atau sekadar berfoto dengan latar belakang laut dan dua pulau Nglambor. Meski tak tinggi, dari atas bukit ini terlihat hamparan laut dan pantai Nglambor serta pantai Siung di timurnya. Sangat indah.

Pemandangan di sisi timur Nglambor, dilihat dari pulau Nglambor
Pemandangan di sisi timur Nglambor, dilihat dari pulau Nglambor

Dua pulau Nglambor
Dua pulau Nglambor

Pantai Nglambor Gunungkidul
Pantai Nglambor Gunungkidul

Pantai Nglambor terletak di kawasan pantai Siung atau tepatnya berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, atau di koordinat S8°10’58” E110°40’43”. Untuk kemari, anda dapat mengikuti papan petunjuk menuju pantai Siung, dan pantai Nglambor berada sebelum pantai Siung.

Selamat ber-snorkeling.

Baca juga:
Pantai alami di Gunungkidul
Pantai Janganan
Pantai Ngedan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *