Pantai Mbirit yang Tak Terjamah di Gunungkidul

Kemanakah kaki ini akan melangkah, di ujung sana terhampar puluhan pantai nan indah. Pantai dan pantai, seakan tak pernah habis memanjakan kaki dan mata. Kemanakah kaki ini akan melangkah, di tepian tebing di selatan ada pantai yang virgin. Sebuah pantai kecil di barat Gunungkidul bernama pantai Mbirit yang hampir tak terjamah pejalan.

Lupakan jalanan yang mulus dengan segala transportasinya, menuju ke Mbirit, anda tak memerlukan jalanan mulus atau transportasi mobil/ motor. Anda hanya perlu berjalan menyusuri ladang, menaiki bukit dan menuruni lembah untuk mencapai Mbirit. Sesuatu yang tentunya berbeda jika dibandingkan dengan pantai-pantai mainstream di kawasan Gunungkidul. Apalagi jika anda pendamba warung atau kafe-kafean, payung pantai, musik atau sejenisnya, maka anda tak akan menjumpai hal-hal itu di sini.

Perjalanan saya dimulai dari kawasan pantai Butuh, yang juga sepi dari pejalan. Berbekal informasi dari penduduk setempat, saya berjalan ke timur, menembus ladang dan padang pasir berkelaklok. Mbirit tepatnya terletak di sebelah timur pantai Butuh. Saya tidak tahu persis jarak antara Butuh ke Mbirit, namun jika melihat jam, perjalanan ke Mbirit tak perlu waktu yang lama.

Pemandangan tebing pantai Mbirit dan Ngruen
Pemandangan tebing pantai Mbirit dan Ngruen

Setelah menyeberangi beberapa ladang dan berbekal keterangan dari penduduk setempat, saya sampai di Mbirit. Mbirit berada tepat diantara pantai Butuh dan pantai Ngruen. Lokasinya agak kedalam sehingga bagai tersembunyi diantara tebing karang. Perjalanan dari Butuh menuju ke pantai ini juga tak kalah menarik karena saya sempat tersesat dan sampai di ujung tebing di sisi timur Butuh. Pemandangan alami dari atas tebing tak bisa dipungkiri sangat indah. Meski tersesat, saya merasa mendapatkan bonus pemandangan dari perjalanan ini.

Mbirit bukanlah pantai yang luas, hamparan pasir terasa sempit jika dibandingkan tetangganya, Butuh. Namun demikian, pasir putih bersih dan batuan karang yang mendominasi kawasan Mbirit membuatnya menarik. Anda pun masih dapat bermain pasir atau bermain air di ceruk-ceruk lantai karang. Jika anda beruntung, maka anda bisa menjumpai aneka ikan kecil yang terjebak dalam genangan.

Pantai mbirit di ujung sana
Pantai mbirit di ujung sana

Memasuki pantai Mbirit
Memasuki pantai Mbirit

Bibir pantai Mbirit
Bibir pantai Mbirit

Mbirit berada di desa Krambilsawit, Saptosari, Gunungkidul. Lokasi tepatnya ada di koordinat 8° 6′ 46.08″ S 110° 29′ 18.26″ E atau silahkan berpatokan ke pantai Butuh dan Ngedan. Untuk ke sini, anda dapat menuju ke pantai Butuh dan menitipkan kendaraan di Butuh. Selamat bertualang.

Baca juga pantai virgin di dekat Mbirit: pantai Ngruen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *