Pantai Boom Banyuwangi

Salah satu pantai yang kondang di kota Banyuwangi adalah pantai Boom (baca: Bum). Terletak di timur kota, pantai ini tidak secantik pantai-pantai di bagian selatan atau tenggara kabupaten seperti pantai Pulau Merah atau pantai Teluk Hijau. Tapi tiada rotan akar pun jadi, pantai Boom menjadi salah satu destinasi hiburan bagi warga kota Banyuwangi yang mendambakan wisata pantai yang murah dan meriah. Tak ada retribusi masuk ke obyek wisata seperti, pejalan hanya cukup membayar parkir untuk kendaraan mereka.

Pantai Boom memiliki pasir berwarna hitam pekat dan menghadap ke selat Bali. Dari pantai ini terlihat perbukitan di taman nasional Bali Barat yang tampak asri, terutama bila dilihat di pagi hari. Selain itu, atraksi menarik yang bisa anda lihat adalah matahari terbit.

Pantai Boom dan pemandangan di seberang
Pantai Boom dan pemandangan di seberang

Pemkab Banyuwangi sekarang sangat mempromosikan keberadaan pantai ini, buktinya, setiap tahun pantai Boom menjadi tuan rumah gelaran festival khas Banyuwangi yakni festival tari Gandrung Sewu dan Banyuwangi Beach Jazz Festival. Festival-festival tersebut saat ini menjadi agenda tetap festival Banyuwangi yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah kunjungan pejalan ke kabupaten yang berjuluk “The Sunrise of Java” ini.
pantai boom siang

Pantai Boom dahulu adalah sebuah pelabuhan dan saat anda memasuki kawasan pantai, anda akan melihat dermaga lama yang terletak di sebelah kiri setelah gerbang masuk pantai. Saat ini dermaga ini digunakan sebagai dermaga nelayan dan di sini anda akan mencium aroma aduhai ikan asin yang disimpan di gudang depan dermaga.

Dermaga di kawasan pantai Boom
Dermaga di kawasan pantai Boom

Apa yang bisa dilakukan di sini? Sekadar duduk-duduk di kursi malas (disewakan) atau menikmati kelapa muda di lapak-lapak pedagang bisa menjadi pilihan. Lapak pedagang sudah terlihat tertata di sebuah kawasan dan tidak ada lapak di area pantai. Hamparan pasir hitam yang panjang bisa anda jelajahi di pagi hari sambil menikmati hangat mentari pagi.

Pantai Boom Banyuwangi
Pantai Boom Banyuwangi

Pantai Boom saat ada lomba paralayang Porda Jatim
Pantai Boom saat ada lomba paralayang Porda Jatim

Lapak pedagang di pantai Boom
Lapak pedagang di pantai Boom

Sebuah taman dengan rerumputan dan pepohonan hijau telah dibangun oleh Pemkab dan membuat suasana pantai makin segar. Beberapa bangku dari kayu juga tampak berderet di sepanjang taman. Hari minggu biasanya menjadi favorit warga Banyuwangi untuk menghabiskan pagi dan sore bersama keluarga di pantai Boom. Selain taman, berbagai fasilitas lain juga telah dibangun di sini, ada trotoar di pinggir pantai dan panggung terbuka untuk pementasan seni.
trotoar pantai boom

Panggung terbuka
Panggung terbuka

Pantai Boom berada di kelurahan Kampung Mandar, kecamatan Banyuwangi, atau sekitar 2km dari pusat kota. Banyak rambu petunjuk yang mudah dijumpai untuk membimbing anda sampai ke sini, namun tak ada kendaraan umum yang memiliki trayek ke pantai Boom.©thejuicytrip

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *