Naik bis Alanya – Antalya

Menggunakan moda transportasi bis saat bertualang bukanlah hal yang baru di telinga kita. Namun, jika di Indonesia kita masih harus berjibaku dengan calo dan mark up harga tiket, tidak demikian di Turki. Setidaknya saya tidak menjumpai praktik calo dan penipuan harga tiket terutama untuk para pejalan asing saat saya menggunakan bis dari Alanya ke Antalaya [Agustus 2016]. Selain itu, tepat waktu, pelayanan, dan kenyamanan menjadi nilai plus dari jasa bus AKAP di Turki. Jadi, saat menteri pariwisata kita tak lelah hingga berbusa-busa mempromosikan Indonesia, setidaknya pemerintah juga tak melupakan sistem transportasi ramah pariwisata yang berkualitas agar promosi yang digencarkan tak mubazir. Berikut secuil cerita tentang naik bis Alanya – Antalya, lanjutan dari cerita sebelumnya “Alanya dan sekeping cerita tetang Kleoptra…

Sebenarnya, tak ada pilihan lain selain angkutan umum darat yang menghubungkan dua kota di pesisir mediterania tersebut, salah satunya adalah bis AKAP. Saya sempat mencari informasi di dunia maya dan mendapatkan beberapa situs penjual tiket bus daring namun saya malas melakukan registrasi di situs tersebut untuk pembayaran dsb. Saya pun hanya mencatat jadwal keberangkatan bis dari terminal Alanya dan tak lupa harga tiketnya. Tarif tiket Alanya – Antalya dan sebaliknya dihargai 18 Lira (Rp. 67.500) per trip. Bis AKAP juga melayani rute lain dari Alanya, ada yang ke Istanbul, Marmaris, dsb.

Akhirnya di sebuah pagi yang cerah dan berangin spoi-spoi ala pantai mediterania 🙂 saya berjalan ke terminal dan bersiap menempuh 130 km perjalanan. Beberapa bus berjajar di depan deretan loket yang sepintas mirip terminal di Indonesia. Saya menghampiri salah satu loket dan bermaksud untuk membeli, namun oleh petugas loket disuruh langsung masuk ke bis yang bersiap berangkat. Katanya tiket bisa dibeli di dalam bis dan harga sama, yakni 18 Lira. Beberapa bis yang melayani rute ini antara lain adalah Pamukkale, Kamil Koc, Metro Turizm dan saya sendiri menggunakan Güney Akdeniz yang saat itu akan segera meluncur ke Antalya.

Pemandangan di perjalanan

Okelah, saya pun menghampiri bis Akdeniz yang lumayan tampak bagus, dan setelah masuk, saya agak terkejut melihat fasilitas kabin bis. Sepintas mirip pesawat karena masing-masing kursi memiliki LCD dan jarak antar kursi pun lumayan lebar. Bis tersebut memiliki lay-out kursi 2-2.

Tak lama menunggu, bis pun berangkat meninggalkan terminal Alanya. Meninggalkan kota, mata ini disuguhi pemandangan pesisir pantai mediterania yang berpadu dengan perbukitan di sekitarnya. Kondektur bis pun menghampiri saya untuk menarik tiket. Tak ada perubahan harga, tarif sesuai yang dikatakan oleh petugas di terminal. Sang kondektur memberi kejutan dengan menawarkan minuman gratis berupa pilihan atara teh, kopi, jus atau air dingin. Rupanya servis berupa minuman sudah menjadi standar bagi bis AKAP di Turki. Kondektur pun melayani penumpang dengan troli bak pramugari maskapai penerbangan.

Selama dua setengah jam saya menikmati ‘bismania’ ke Alantalya melewati jalan yang mulus dan bersih dengan beberapa sisipan pemandangan perkampungan dengan warung dan tokonya, mirip di Indonesia.

Sekian cerita tentang bis Alanya – Antalya, Turki dan bersambung ke cerita tentang Antalya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *