Mudahnya membuat e-visa Turki

Bagi anda yang merencanakan liburan ke negara Turki tanpa bantuan agen perjalanan atau bagi anda yang akan backpacker-an, anda dapat mempersiapkan diri untuk mendapatkan e-visa Turki untuk WNI. Dahulu kala, WNI mendapatkan fasilitas VoA (Visa saat Kedatangan), namun kini lebih mudah bagi kita karena fasilitas e-visa. Dari beberapa informasi di warung milik travel blogger kondang, fasilitas VoA bisa dibilang cukup merepotkan karena masalah antrian, uang pembayaran, hingga tak tercantumnya negara Indonesia di informasi penerima VoA di Turki (yang bikin panik tentunya). Berbeda dengan VoA, e-visa ini dapat dengan mudah dibuat secara daring dalam waktu yang sangat singkat. E-visa berlaku selama kurang lebih setengah tahun sejak diterbitkan namun hanya dapat dipakai sekali (single entry) untuk masa tinggal maksimal 30 hari. E-visa hanya untuk kepentingan liburan atau wisata saja dan tidak dapat digunakan untuk tujuan lain.

Pada awal Agustus ini saya berkesempatan untuk mengunjungi Alanya dan Antalya di pesisir mediteran Turki dan untuk itu saya memerlukan visa. Membuat e-visa sangatlah cepat tanpa ribet dan saya hanya butuh sekitar 10 menit untuk membuatnya.

Berikut persiapan pembuatan e-visa Turki:
1. Persiapkan data paspor anda untuk dimasukkan dalam kolom aplikasi nantinya.
2. Persiapkan kartu kredit untuk pembayaran e-visa sebesar USD25. Kartu kredit bisa menggunakan visa atau mastercard dan bisa menggunakan kartu kredit orang lain. Jadi jika di dompet anda tidak ada kartu kredit, maka anda bisa mengambil kartu kredit dari dompet istri, suami, adik, kakak, bapak, ibu, atau nenek anda. Tentunya atas ijin yang bersangkutan ya 🙂

Selanjutnya, anda dapat mulai membuat aplikasi e-visa dengan tahapan sebagai berikut:
1. Setelah semua siap, silahkan buka ke laman resmi e-visa Turki: https://www.evisa.gov.tr/en/

Penampakan halaman depan portal e-visa Turki
Penampakan halaman depan portal e-visa Turki

2. Setelah itu masukkan data yang diminta seperti negara asal (Country/Region); jenis paspor yang dimiliki (Travel Document); dan masukkan kode keamanan sesuai yang tertera di kolom aplikasi (Security Verification); lalu klik “save and continue”.
Tahap pertama pengisian aplikasi
Tahap pertama pengisian aplikasi

3. Setelah klik save/continue, maka anda akan diarahkan ke halaman berikutnya tentang detil kedatangan di Turki. Silahkan masukkan tanggal kedatangan anda sesuai tiket anda. Lalu klik lagi “save and continue”.
Langkah kedua
Langkah kedua

4. Halaman berikutnya adalah isian data pribadi. Di halaman ini anda harus mengisi data pribadi anda seperti Nama Depan, Nama Belakang, Tanggal Lahir, Nama Orang Tua, Data Paspor, No Telepon dan Alamat Valid anda. Setelah selesai mengisi ada baiknya anda teliti lagi terutama nomor paspor dan nama anda untuk menghindari kesalahan atau sekadar salah ketik. Setelah semua benar, maka klik lagi “save and continue”
Isikan data anda di setiap kolom
Isikan data anda di setiap kolom

5. Jika semua benar dan terisi, maka anda akan masuk ke halaman berikutnya dengan sambutan “Your application has been successfully completed” (tahap pertama) dan instruksi untuk membuka email anda.
Instruksi membuka email (Tahap pertama aplikasi sukses)
Instruksi membuka email (Tahap pertama aplikasi sukses)

Sistem akan mengirimkan email verifikasi dan anda harus mengikuti perintah untuk menyetujuinya dengan cara mengeklik tombol command “Approve” di email yang dikirimkan. Berikut penampakannya:
Email verifikasi
Email verifikasi

6. Setelah anda “approve” selanjutnya anda akan diarahkan ke halaman baru terkait pembayaran. Jika tidak muncul halaman baru, silahkan kembali ke halaman e-visa tempat anda mengisi aplikasi. Masukkan data kartu kredit yang akan dipakai membayar dan ikuti instruksinya.
Isian pembayaran
Isian pembayaran

7. Jika pembayaran diterima, maka anda akan langsung disambut (lagi) dengan kalimat “Your application has been successfully completed” yang kali ini bukan PHP lagi alias sudah final. Anda pun akan diganjar dengan e-visa yang dikirimkan ke email atau bisa diunduh lagsung dari halaman e-visa.
Konfirmasi visa telah jadi
Konfirmasi visa telah jadi

8. Berikut penampakan e-visa Turki yang sebaiknya anda cetak untuk berjaga-jaga bila ditanyai petugas konter check in di bandara. Pengalaman saya, petugas imigrasi Turki tidak meminta cetakan e-visa karena data anda sudah ada di sistem mereka.
E-visa dalam pdf
E-visa dalam pdf

Demikian tahapan membuat e-visa Turki. Sangat mudah dan cepat. Negara Indonesia yang saat ini gencar menggalakkan bebas visa semestinya bisa menerapkan e-visa semacam Turki. Selain mudah dan cepat, pemasukan negara pun tetap ada jika dibandingkan dengan murni bebas visa.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *