Hutan Pinus, Lembah dan Sunset di Becici

Siapa sangka kabupaten Bantul di provinsi DI Yogyakarta memiliki aneka wisata alternatif yang memanjakan mata dan rasa. Beragam destinasi di pelosok Bantul sekarang menjadi magnet pejalan dan siapa pun yang hendak menikmati keindahan alam, sebut saja kebun buah mangunan yang menawarkan pesona lembah bagai sungai Amazon atau hutan pinus yang mirip-mirip latar film barat. Satu lagi yang cukup menarik untuk dikunjungi dan saat ini sedang hits adalah Becici atau yang sering disebut puncak Becici, sebuah kombinasi antara hutan pinus dan pemandangan lembah yang mempesona.

Selain hutan pinus Mangunan, kawasan kecamatan Dlingo, Bantul, menawarkan potensi destinasi yang apik di pandang mata terutama di saat senja. Lokasinya pun tak jauh dari kebun buah Mangunan, dan mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi baik motor atau mobil. Sebenarnya saya sempat melihat plang “Puncak Becici” saat saya mengunjungi kawasan hutan pinus Mangunan, namun karena padatnya itinerary perjalanan maka waktu itu saya dan sobat dolanmaning.com tak sempat menyambangi Becici.

Pemandangan lembah Becici terlihat dari puncak Becici
Pemandangan lembah Becici terlihat dari puncak Becici

Baru beberapa waktu lalu, kami kembali ke Becici untuk sekadar memuaskan rasa penasaran. Melewati jalan Imogiri timur hingga menuju ke Mangunan, anda akan ‘dibimbing’ oleh papan petunjuk dan setelah sampai di kawasan Kebun Buah Mangunan, anda dapat mengikuti plang sederhana yang menunjukkan arah ke Becici. Singkat kata, aksesibilitas ke Becici tidak lah sulit untuk dijangkau.

Papan petunjuk yang cukup lengkap
Papan petunjuk yang cukup lengkap

Atraksi utama di sini adalah hutan pinus dan sebuah anjungan semi permanen untuk menikmati pesona lembah di kawasan Dlingo. Dari sini anda juga dapat mencoba pose ala Kali Biru yang sangat hits itu, yaitu foto diatas gardu pandang (semacam rumah pohon) dengan latar hijau lembah dan perbukitan (tapi tanpa waduk). Hehehe

Sobat pejalan menikmati lembah
Sobat pejalan menikmati lembah

Foto dari atas gardu pandang, serasa di Kali Biru
Foto dari atas gardu pandang, serasa di Kali Biru

Beberapa pejalan sudah tampak nangkring diatas tiga rumah pohon dan tampak betah sambil menikmati kacang. Saking asiknya mereka lupa jika ada pejalan lain yang juga ingin menikmati pemandangan dari atas gardu pandang.

Untuk menikmati matahari terbenam, tentu saja sore hari adalah waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Becici. Hutan pinus, lembah dan matahari terbenam di Becici bisa menjadi obat alternatif menghilangkan penat anda.

Sunset terlihat dari Becici
Sunset terlihat dari Becici

Have a Juicytrip!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *