Horee, Garuda Kembali Satukan Airport Tax dengan Tiket

Setelah sempat dipisahkan, kini Garuda Indonesia kembali menyatukan Passenger Service Charge (PSC) dengan tiket per pembelian tiket 1 Februari untuk penerbangan mulai 1 Maret 2015. Artinya mulai 1 Maret, penumpang tak perlu lagi repot menyiapkan uang tunai atau antri untuk membayar airport tax.

Sebenarnya dulu Garuda sudah menyatukan airport tax ke dalam tiket sehingga saat penumpang membeli tiket otomatis ia telah membayar airport tax, tapi entah kenapa dipisahkan lagi di pertengahan 2014. Hal yang saya sukai dengan sistem terpadu ini adalah tidak ada kerepotan tambahan untuk membayar airport tax. Parahnya jika terbang dengan maskapai lain dari terminal 1A/B/C bandara SHIA, antrian membayar airport tax akan panjang dan tak sedikit penumpang yang tidak tahu sopan santun yang menyerobot antrian.

Saya sendiri paling malas mengeluarkan dompet dan membayar lagi. Saya merasa hidup yang bisa dibikin mudan malah dipersulit di sini. Sudah seharunya semua maskapai berkerja sama dengan Angkasa Pura (pengelola bandara) untuk mengintegrasikan airport tax ke dalam tiket. Di belahan dunia manapun yang pernah saya kunjungi, saya belum pernah menjumpai sistem airport tax seperti di Indonesia saat penumpang harus membayar langsung ke konter atau ke loket khusus. Semua akan jadi lebih nyaman jika airport tax disatukan dengan tiket.

Sejauh ini, maskapai Citilink tetap bertahan dengan sistem integrasi tiket dan airport tax untuk semua jurusan penerbangan. Saya berharap secepatnya semua maskapai akan menerapkan integrasi tiket dan airport tax ini.

Airbus A320 Citilink
Airbus A320 Citilink

Kembali ke Garuda Indonesia, sesuai yang dilansir detik.com, integrasi PSC dan tiket akan berlaku untuk penerbangan domestik dan internasional maskapai yang baru saja mendapat gelar five star airlines dari Skytrax.

Sekadar informasi, sesuai dengan peraturan Kementerian Perhubungan, semua maskapai RI wajib hukumnya untuk mengintegrasikan pembayaran tiket dan airport tax. Kementerian memberi batas waktu hingga 1 Maret  kepada semua maskapai untuk menjalankan program ini.

Selamat terbang!

in the sky
in the sky

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *