Catat! Festival Wisata Lombok Sumbawa 2017

Provinsi NTB yang memiliki panorama alam mempesona baru saja meluncurkan agenda festival wisata Lombok Sumbawa 2017. Provinsi yang kondang dengan gunung Rinjani, aneka Gili dan keindahan pantainya akan menggelar 22 festival selama tahun 2017. Diawali dengan agenda Lombok-Sumbawa Great Sale 2017 dan yang paling fenomenal Festival Pesona Bau Nyale 2017. Lalu apa saja agenda lainnya?

Agenda pertama, Great Sale, akan diadakan selama sebulan penuh di bulan Febuari. Sesuai judulnya, acara ini diadakan khusus di pulau Lombok dan Sumbawa.

Pantai di kawasan Mandalika Lombok dilihat dari atas
Pantai di kawasan Mandalika Lombok dilihat dari atas

Festival mencari Nyale di pantai Seger, kawasan Mandalika Lombok Barat, akan diadakan pada 10 – 17 Feburari 2017. Tahukah anda jika Nyale adalah sejenis cacing laut yang konon merupakan perwujudan dari putri Mandalika yang jelita dan mengorbankan diri demi mempertahankan kedamaian di tanah Lombok yang dihuni oleh suku Sasak. Ia tak ingin rakyatnya berkonflik karena beberapa pangeran dari kerajaan lain ingin bertempur hanya untuk memperebutkan hatinya. Hari itu adalah tanggal 20 bulan ke-10 menurut kalender suku Sasak saat putri Mandalika terjun ke laut. Konon sang putri berubah menjadi Nyale berwarna-warni sesaat setelah putri menyeburkan diri ke dalam lautan.

Patung sang putri dikejar tiga pangeran pun disematkan di pantai Seger sebagai perwujudan cerita sang legenda.

Pada festival Pesona Bau Nyale tahun ini, pemerintah setempat akan menggelar aneka acara dari pagelaran budaya hingga aneka lomba dan tak ketinggalan acara bersih pantai.

Mandalika mengorbankan diri
Mandalika mengorbankan diri

Provinsi NTB yang sering mendapatkan penghargaan sebagai destinasi halal rupanya tak tanggung-tanggung dalam membidik para pejalan. Festival lain pun sepertinya tak kalah menarik, dan berikut beberapa festival utama seperti dilaporkan oleh Kompas sbb:
• Festival Pesona Lawata, Festival Pesona Tambora (11-19 April)
• Lombok Sumbawa Pearl Ferstival (10-12 Juni)
• Bulan Pesona Lombok Sumbawa (18 Agustus-16 September)
• Festival Pesona Mentaram (21-23 Agustus)
• Festival Pesona Senggigi (16 September-19 September)
• Mandalika Tour D`Lombok (22-23 September)
• Festival Pesona Lakey, Festival Pesona Gili Indah (5-6 November)
International Halal Travel Fair, dan Rinjani Golf Tournament (10 Desember)

Jadi jika anda berencana untuk liburan ke Lombok/ Sumbawa, anda bisa menyempatkan diri melihat salah satu festival Lombok Sumbawa tahun ini.

Have a Juicytrip!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *