Bromo: edisi oleh-oleh

Siapa yang tak kenal Gunung Bromo dengan pesona eskotis di saat fajar menyingsing? Pejalan dari berbagai penjuru dunia dan nusantara berbondong-bondong ke bukit Pananjakan untuk menikmati mahakarya Tuhan yang terlukis dalam rupa Bromo, Batok dan Semeru berselimut kabut hingga bermandikan cahaya keemasan fajar.

Sebelumnya saya pernah menuliskan tentang Bromo di sini, namun kali ini seorang sobat mengirimi saya oleh-oleh dari Bromo karena ia baru saja melancong ke sana. Oleh-oleh ini berupa kiriman foto melalui WA dan tentu saja sangat menarik, cepat dan murah meriah. Selain itu, bagi saya foto lebih bercerita dan tidak merepotkan si pejalan. Menjadi kebiasaan saya jika setiap ada sobat yang pergi melancong dan menawari oleh-oleh, saya hanya menjawab, “kirimi aku foto-foto destinasimu yang kamu ambil dengan kameramu.”

Saya sendiri tidak suka merepotkan orang dengan titipan oleh-oleh dan saya sangat paham pesanan oleh-oleh berbentuk suvenir atau sejenisnya akan membebani perjalanan, baik dari segi waktu atau biaya. Saya pun paling sebal jika ada yang pesan oleh-oleh dengan berbagai kriteria semacam “tolong carikan barang yang begini, begitu, di sana atau di situ, bla-bla-bla“, dan saya tak sungkan untuk langsung menolaknya secara halus. Memang oleh-oleh sudah menjadi budaya yang menurut saya tidak wajib diberikan. Saya pun lebih suka memberi oleh-oleh kepada orang-orang terdekat tanpa diminta oleh mereka. Bagaimana dengan Anda?

Kembali ke oleh-oleh dari Bromo, mengingat pengalaman di Bromo dan keindahannya, saya ingin sekali menjejakkan kaki saya lagi di atas segoro pasir dan sekadar melihat detik demi detik matahari muncul di atas taman nasional Bromo Tengger Semeru (BTS).

Bromo memang luar biasa indah menurut saya, sesuatu yang harus dijaga dan dilestarikan untuk generasi mendatang. Ayo ke Bromo lagi dan sebarkan oleh-oleh foto kepada sobat-sobat Anda!

Oleh-oleh foto dari sobat Juicytrip
Oleh-oleh foto dari sobat Juicytrip

Salam Juicytrip.

Fish eyed Bromo
Fish eyed Bromo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *