Ayo Ke Banyuwangi Lagi!

Siapa yang tak kenal Banyuwangi sekarang, sebuah kabupaten di ujung timur pulau Jawa, yang dulu hanya kondang sebagai tempat transit ke pulau dewata. Namun kini, Banyuwangi (BWI) bagai magnet yang menarik para pejalan untuk menikmati alam dan budaya yang elok nan khas. Sejak lima tahun terakhir, usaha promosi wisata yang dijalankan oleh Bupati Banyuwangi (Pak Abdullah A. Anaz) sangat gencar dan mengenai sasaran hingga tak mengherankan jika Banyuwangi menjadi viral. Selain kunjungan pejalan yang meningkatkan perekonomian warga, usaha keras orang Banyuwangi juga diganjar penghargaan bergengsi dari UNWTO (United Nations-World Tourism Organization) dengan tajuk UNWTO Awards for Excellence and Innovation in Tourism untuk kategori “Inovasi Kebijakan Publik dan Tata Kelola”.

Tahun sudah berganti dan BWI masih tetap mempesona untuk dijelajahi. Tahun lalu saya juga menulis hal serupa tentang festival BWI, sekarang saya bahas lagi di 2016 karena memang BWI sangat indah dan layak untuk dijelajahi. Pemkab BWI sepertinya sudah menyiapkan gelaran festival untuk 2016. Seperti apa gambaran festival tersebut?

Setidaknya dalam dua tahun terakhir, BWI semakin dikenal dengan festival dan atraksi budaya semacam Banyuwangi Ethno Festival, Festival Gandrung Sewu, Festival Ngopi Sepuluh Ewu, hingga acara lomba seperti Tour de Ijen. Bagi saya sendiri yang membuat penasaran adalah Ijen Jazz Banyuwangi yaitu konser musik jazz yang diadakan di kawasan gunung Ijen. Hingga sekarang, saya belum sempat menonton pertunjukan ini 😀

Gerbang TN Alas Purwo di Resort Rowo Bendo
Gerbang TN Alas Purwo di Resort Rowo Bendo

Plengkung
Plengkung

Alamnya yang indah menawarkan aneka jenis wisata petualangan yang mungkin tak ada di daerah lain. Bisa dibilang bahwa BWI memiliki kelengkapan destinasi alam. Sebut saja hutan di Taman Nasional Alas Purwo, Taman Nasional Baluran, Taman Nasional Meru Betiri), aneka pantai (pantai Boom, pantai Pulau Merah, pantai Teluk Hijau, pantai Plengkung, dll), gunung (kawah Ijen), air terjun, penangkaran penyu, dan beberapa destinasi yang belum terjelajahi.

Savanna Sadengan
Savanna Sadengan

Air terjun kembar
Air terjun kembar

Bagi anda yang gila kuliner dan tidak memikirkan diet, BWI juga memiliki aneka makanan khas yang eksotis, dari menu vegetarian hingga menu perdagingan. Tentu saja sebagai penyuka kopi, saya sangat suka kopi Kemiren atau kopi Osing yang mantap dan memanjakan rasa.

Pecel kali lima di BWI, uenaaak
Pecel kali lima di BWI, uenaaak

Kopi Kemiren (thanks mba Wie buat oleh-olehnya)

Kembali ke gelaran festival Banyuwangi 2016, saya sempat mencari-cari informasiny di situs pariwisata Pemkab BWI, banyuwangitourism.com, namun belum ada kalender lengkapnya. Sedikit bocoran seperti dilansir kompas.com, pada 2016, Dinas Pariwisata BWI akan mengagendakan sedikitnya 35 acara di 2016 dalam kerangka festival Banyuwangi. Acara ini bisa bertambah melihat kalender budaya lokal yang akan terjadi di 2016. Tahun 2014 sendiri ada 23 acara, sedangkan di 2015 terdapat 36 acara.

Pantai Boom Banyuwangi
Pantai Boom Banyuwangi

Menurut laman Kompas Travel, bocoran festival BWI di 2016 adalah (urut per bulan):
1. Februari ada Jazz Ijen Banyuwangi.
2. Maret ada Green and Recycle Week.
3. April ada Festival Kuliner ‘Sego Cawuk’, Banyuwangi Art Week, Agro Expo, dan Banyuwangi International BMX.
4. Mei ada International Tour de Banyuwangi Ijen, dan Festival Wayang Kulit.
5. Juli ada Barong Ider Bumi, Diaspora Banyuwangi, dan Seblang Oleh Sari.
6. Agustus ada Banyuwangi Kite Festival, Festival Merdeka, Kite and Wind Surfing, dan Banyuwangi Beach Jazz Festival.
7. September ada Tumpeng Sewu Kemiren dan Seblang Bakungan.
8. Oktober ada Kebo-keboan Aliyan, Banyuwangi Batik Festival, Kebo-keboan Alas Malang, dan Banyuwangi Etho Carnival.
9. November ada Fish Festival dan Petik Laut Muncar, Festival Gandrung Sewu, dan Festival Anak Yatim.
10. Desember ada Festival Ngopi Sepuluh Ewu, dan Festival Kuwung.

Jadi kapan anda ke BWI?

Have a juicytrip!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *