Amazon ala Jogja

Pernahkan anda membayangkan berada di lembah sungai Amazon di Amerika Selatan? Jika anda ingin melihat pemandangan yang menakjubkan ala lembah Amazon dengan kelokan-kelokan meandernya, tidak perlu jauh-jauh ke benua Amerika dan cukup ke Jogja saja. Di obyek wisata Kebun Buah Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, anda bisa melihat pemandangan lembah sungai Oyo yang juicy dan menakjubkan dari jurang berketinggian sekitar 200 meter di atas permukaan tanah.

Landscape perbukitan di Mangunan
Landscape perbukitan di Mangunan

Sebuah anjungan dengan pagar beton sengaja dibangun di salah satu ujung jurang Kebun Buah Mangunan dan letak anjungan ini sangatlah sempurna karena berhadapan langsung dengan luasnya lembah sungai Oyo yang mengalir di dasar lembah.

Dari ketinggin anjungan tersebut, anda akan menikmati hamparan perbukitan Dlingo dan jika cuaca cerah, anda juga bisa melihat laut selatan dari sini. Begitu luas, hijau dan sejuk, begitulah kesan saya memandang lembah Sungai Oyo. Mata pun dimanjakan oleh keindahan mahakarya Tuhan yang sungguh menakjubkan.  Jika musim kemarau, lembah berwarna kecoklatan karena banyaknya vegetasi yang kering dan sebaliknya, saat musim hujan lembah menjadi sangat hijau dengan air sungai yang keruh kecoklatan.

Menikmati mahakarya yang Maha Kuasa
Menikmati mahakarya yang Maha Kuasa

Dari anjungan ini saya mengabadikan pemandangan seperti kebanyakan wisatawan yang datang dan berfoto di sini. Saya pun memasang beberapa foto panorama lembah sungai Oyo di halaman Facebook pribadi dan ternyata foto-foto tersebut mengundang perhatian teman-teman baik dari dalam maupun luar negeri. Mereka tidak percaya jika di Indonesia (tepatnya Jogja) ada pemandangan seindah ini dan beberapa teman dari luar negeri sampai berdecak kagum melihat pemandangan lembah sungai Oyo dalam foto-foto tersebut dan mengira jika foto itu diambil di luar Indonesia.

kelak-kelok sungai Oya
kelak-kelok sungai Oyo
Jalan menuju anjungan
Jalan menuju anjungan

Kebun Buah Mangunan sejatinya adalah sebuah obyek ekowisata agrikultur yang menampilkan tanaman-tanaman buah lokal maupun beberapa jenis buah dari daerah lain di Indonesia. Saat musim, anda bisa menikmati durian, jambu air, jeruk, sawo, durian, mangga, duku, manggis, rambutan, matoa, kelengkeng, cempedak, belimbing dan  jambu biji langsung dari pohonnya. Selain buah, di kawasan ini juga ditanami pohon-pohon perindang yang sekaligus berfungsi sebagai penahan erosi di perbukitan Mangunan. Oleh karenanya, suasana sejuk dan udara yang segar bisa bro-sist rasakan di sini sembari menikmati pemandangan alami lembah sungai Oyo.

Lembah sungai Oya
Lembah sungai Oyo
Jembatan gantung di sungai Oya, letaknya bawah anjungan kebun buah Mangunan
Jembatan gantung di sungai Oyo, letaknya bawah anjungan kebun buah Mangunan

Tempat ini terletak 35 km sebelah selatan kota Jogja. Jika anda hendak berkunjung kesana, silahkan melalui Jalan Imogiri Timur ke arah selatan menuju kompleks makam raja-raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat dan Kebun Buah Mangunan hanya berjarak sekitar 3 KM dari kompleks makam ini. Berikut ini koordinat yang bisa bro-sist gunakan untuk menuju ke lokasi dengan Google maps atau GPS, -7.941979, 110.425472, dan selamat menikmati lembah Oyo yang menakjubkan.

Happy Travelling!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *