Pantai Ngobaran dan Pantai Nguyahan: Seri Pantai di Gunungkidul (Bagian I)

Gunungkidul (GK) saat ini menjadi primadona baru pariwisata di Indonesia. Kehebohan mengenai keindahan alam terutama pantainya merebak di jagat maya. Tak sedikit media online nasional yang mengulas mengenai obyek wisata di kabupaten yang Handayani ini. Mulai goa, bukit, pantai hingga santapan khas menjadi berita nasional. Kali ini Juicytrip  akan mengulas pantai-pantai juicy yang ada di kabupaten Gunungkidul.

Terinspirasi tagline Kementerian Pariwisata dengan “wonderful Indonesia”nya, maka Juicytrip akan mendeskripsikan pantai-pantai GK sebagai “the amazing beaches” di pesisir selatan Jawa. Betapa tidak, pantai-pantai di GK masih tergolong alami dengan cirikhas bebatuan karang, pasir putih dan perbukitan kapur nan hijau di sekitar pantainya. Tak heran banyak traveler yang jatuh cinta kepada pantai-pantai di GK, termasuk Juicytrip.

Ngobaran dari atas
Ngobaran dari atas

Jika dihitung dari barat sampai timur Kabupaten GK, tentunya banyak pantai yang terbentang. Juicytrip akan memulai ulasan pertama dari pantai Ngobaran dan pantai Nguyahan di bagian barat.  Kedua pantai ini berada di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunung Kidul, atau sekitar 35 Kilometer sebelah barat daya dari ibukota Kabupaten GK, Wonosari.

Pertama, Pantai Ngobaran.

Pantai ini memiliki tebing yang curam dan tidak memiliki area berpasir landai seperti pantai pada umumnya. Bro dan sist dapat menikmati panorama samudera Hindia dari atas tebing di pantai ini. Sejauh mata memandang hanya terlihat lautan. Jika cuaca cerah, maka laut terlihat kebiruan.  Selain itu, di pantai  ini juga terdapat patung-patung tokoh kepercayaan Kejawen yang menyerupai patung karakter dalam agama Hindu, namun dalam versi Jawa. Selain untuk pariwisata, pantai ini juga menjadi tempat untuk berdoa bagi umat Hindu Jawa.

Ngobaran dari atas, terlihat patung dan candi Kejawen
Ngobaran dari atas, terlihat patung dan candi Hindu
Candi Kejawen
Candi Kejawen

Kedua, Pantai Nguyahan

Di sebelah pantai Ngobaran, hanya berjarak sekitar 100 meter, dibalik sebuah bukit, terdapat pantai Nguyahan. Pantai Nguyahan sangat berbeda dibanding Ngobaran karena pantai berkontur landai dan sangat menarik dengan hamparan pasir putihnya.

Jalan menuju pantai Nguyahan
Jalan menuju pantai Nguyahan

Tak mengherankan, di Nguyahan lebih banyak dijumpai traveler yang sedang menikmati suasana dengan teman maupun keluarga. Mata dimanja oleh hamparan pasir putih diapit oleh dua bukit kapur,dan telinga pun dimanja dengan suara debur ombak. Sungguh sebuah refreshing berada di pantai Nguyahan.

nguyahan atas

Sebuah kelapa muda menjadi padanan yang pas untuk sebuah siang di Nguyahan. Jika bro-sist ingin mencoba kuliner lokal, maka bisa mencoba landak laut goreng yang dijajakan oleh penduduk setempat. Juicytrip tidak berani mencobanya karena takut alergi. Hehehe.

Lama bermain di pantai Nguyahan, tak terasa senja sudah menyapa dan tampaknya posisi sang matahari sudah mulai condong ke barat. Meski kata penduduk dan traveler lainnya, spot sunset dapat dilihat di Pantai Ngobaran karena letaknya di atas tebing, namun senja di Nguyahan pun tetap menawan bagi Juicytrip.

Air tenang pantai Nguyahan
Air tenang pantai Nguyahan

Jika bro-sist ke Jogja, silahkan berkunjung ke dua pantai ini. Kendaraan pribadi atau rental menjadi sarana terbaik untuk menggapai pantai ini karena tempatnya yang pelosok dan tidak ada angkutan umum. Inilah koordinat GPS pantai Ngobaran: S8°7’9″   E110°30’16” dan pantai Nguyahan: S8°7’7″  E 110°30’11”

Happy Travelling! (to be continued)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *