Alanya dan sekeping cerita tentang Kleopatra

Karena dirundung masalah politik dan keamanan dalam negeri, pesona wisata Turki pun tampak mengendur terutama banyaknya travel warning dari negara-negara barat dan amerika serikat. Meskipun demikian, niat pejalan untuk berwisata ke dataran mediterania pun tak surut. Termasuk saya dan serombongan pejalan yang berlibur dengan paket “all in” di pesisir laut Mediterania bernama Alanya, Turki.

Sebenarnya Antalya bisa dibilang Bali-nya Turki karena sangat kondang dengan pantai dan para turis mancanegaranya. Namun karena saya ingin lebih “tenang” saat bertamasya maka saya memilih Alanya. Selain itu, jarak Alanya – Antalya yang tidak begitu jauh bisa menjadikan Antalya sebagai alternatif destinasi untuk itinerary liburan saya.

Meskipun sempat was-was pasca kudeta gagal, saya nekat berangkat karena selain penasaran dengan kawasan Alanya dan Antalya, saya juga mendapatkan penawaran menarik dari sebuah biro perjalanan. E-Visa pun sudah saya persiapkan dan akhirnya berangkat ke Antalya dimana bandara terdekat dengan Alanya berada.

Catatan perjalanan saya kali ini akan saya mulai tentang cerita singkat tentang sejarah Alanya. Alanya yang secara administrasi bisa disebut Kabupaten dimana pariwisata menjadi tulang punggung ekonomi warganya. Di sepanjang kawasan pantai terkenal, yaitu pantai Kleopatra dan Pantai Bouginvillea, bisa dijumpai ratusan hotel aneka jenis dan aneka bintang. Bisa dibayangkan saat musim liburan tempat ini akan penuh dengan pejalan. Bulan-bulan hangat menjadi favorit para turis eropa asal Skandinavia, Jerman, Belanda, Rusia atau negara-negara kecil di kawasan laut Baltik.

Sejarah Alanya
Karena posisi strategis di semenanjung Laut Mediterania dan di bawah Pegunungan Taurus, Alanya telah lama menjadi basis kerajaan di kawasan Mediterania yang termasuk Ptolemeus, Seleukus, Romawi, Bizantium, dan Ottoman. Momen politik terbesar Alanya terjadi di abad pertengahan yaitu pada Kesultanan Seljuk Rûm dibawah kekuasaan Alaeddin Kayqubad I, yang kemudian namanya dipakai untuk menamai Alanya seperti sekarang. Alaeddin pun meninggalkan aneka tengara di kota seperti Kizil Kule (Red Tower), Tersane (Shipyard), Kastil Alara (Alara Kalesi) dan Kastil Alanya (Alanya Kalesi) yang termasuk dalam UNESCO World Heritage Site.

Alanya juga tercatat pernah diduduki oleh Romawi dan konon setelah kematian Julius Caesar, orang-orang Romawi menyerahkan wilayah Kilikia (termasuk Alanya di dalamnya) kepada Marcus Antonius.

Pada suatu hari Ratu Mesir Cleopatra VII, yang terkenal karena kecantikannya sedang berwisata di kawasan Mediterania, dan akhirnya ia bertemu Antonius. Singkat kata Cleopatra dan Mark Antony jatuh cinta kemudian menikah. Antonius pun memberi hadiah sebuah kota dengan pantainya yang indah untuk istrinya. Kota itu dulu dikenal sebagai Korakesion, sekarang Alanya, sebagai hadiah pernikahan untuk Cleopatra tercinta dan kini pantai utama di kota itu disebut Pantai Kleopatra.

Pantai Kleopatra di pagi hari, tampak di ujung adalah bukit Kastil Alanya
Pantai Kleopatra di pagi hari, tampak di ujung adalah bukit Kastil Alanya

Apa saja di Alanya
Alanya memiliki kombinasi wisata alam dan sejarah. Untuk wisata alam ada pantai, pegunungan, goa, sungai, waduk, curug dan sumber alami air panas. Untuk wisata sejarah, seperti yang saya sebutkan diatas berupa peninggalan kekaisaran ataupun museum.

Oke, berikut sekelumit informasi tentang obyek wisata (alam dan sejarah) di Alanya yang beberapa detilnya akan saya bahas di artikel berbeda. Namun tidak semua tempat saya sambangi karena perkara dompet dan waktu. Hehehe. Wisata alam yang lumayan kondang sbb:
1. Pantai Kleopatra
2. Pantai Bouginvillea
3. Goa Damlatas
4. Goa Dim
5. Sungai Dimcay
6. Pegunungan Taurus
7. Green Canyon Alanya
8. Curug Sapadere

Selain itu ada beberapa destinasi di kota tetangga yang jaraknya lumayan jauh, meskipun demikian banyak biro perjalanan yang menawarkan paket sehari atau dua hari ke beberapa destinasi seperti Pamukkale, Apollo Temple, atau anda dapat menjelajahi Antalya dan kota tuanya dalam sehari dengan bus umum. Pengalaman ber-bismania ke Antalya akan saya ulas di artikel lain.

Aneka situs sejarah menjadi alternatif bagi pejalan penyuka sejarah. Selain menawarkan sejarah, tak jarang juga situs-situs di Alanya menawarkan spot foto yang indah. Sebut saja salah satunya adalah Kastil Alanya (Alanya Kalesi) yang berada di puncak sebuah bukit kecil. Dari kawasan kastil yang terdaftar dalam UNESCO Heritage List ini, anda dapat menikmati pemandangan laut dan pantai Kleopatra. Lumayan bagus sih menurut saya dan khusus mengenai tempat ini juga akan saya bahas di artikel lain.

Kastil Alanya dan kompleknya
Kastil Alanya dan kompleknya

Selain Kastil Alanya, ada pula salah satu ikon kota tua Alanya yaitu Kizil Kule atau Bahasa bulenya Red Tower dan Tersane (shipyard) yang tak kalah menarik dijadikan obyek foto.

Red Tower dan dermaga
Red Tower dan dermaga


Transportasi

Obyek wisata di kabupaten Alanya sebenarnya tidaklah begitu banyak dan sebagian besar tempat menarik berada di luar kawasan. Hanya ikon wisata seperti Kastil Alanya dan Red Tower serta kawasan dermaga yang berada tepat di kota. Untuk mencapai lokasi, pejalan dapat menggunakan bus umum yang cukup nyaman dengan tariff 2,5 Lira per orang per trip.

Anda dapat bertanya kepada penjaga hotel karena biasanya mereka cukup hapal dengan jalur bus. Jangan lupa untuk menunggu bus di halte karena Turki bukan Indonesia yang bisa naik dan berhenti di mana saja 😀

Selain itu anda juga dapat menyewa skutik 110cc dengan tariff sekitar 60 Lira per hari. Penyewaan skutik banyak dijumpai di sepanjang arteri pantai Kleopatra.Namun, hati-hati tertipu oleh mulut manis si empunya rental. Bisa-bisa anda ‘diketok’ dan dapat skutik bermesin butut.

Untuk berwisata ke destinasi di luar Alanya, anda dapat membeli paket one day trip semacam Jeep Tour, atau tur normal dengan bus.

Anda bisa browsing di viator.com atau getyourguide.com untuk mencari paket yang efisien. Di Alanya juga banyak bertebaran lapak biro perjalanan, namun sudah tentu harganya bakalan lebih mahal. Maklum namanya juga jualan.

Pantai Kleopatra terlihat dari Kastil Alanya
Pantai Kleopatra terlihat dari Kastil Alanya

Bulan kunjungan
Cuaca Alanya saat awal Agustus sangatlah panas dan terik. Suhu terpanas bisa mencapai kisaran 39 hingga 40 derajat Celcius. Rekomendasi dari penjaga lapak di pantai Kleopatra, bulan Juni dan akhir September adalah waktu yang pas untuk mengunjungi Alanya karena cuaca tidak ekstrim seperti awal Agustus.

Tips
Karena mayoritas wisatawan berasal dari Jerman, Norwegia dan negara-negara eropa lainnya, banyak pedagang dan penyedia jasa pariwisata memasang harga tinggi untuk dagangannya. Jika ingin oleh-oleh yang standar macam gantungan kunci, anda dapat membelinya di minimarket yang disebut “market”. Harganya cenderung normal. Hal ini berlaku juga untuk kebutuhan perut semacam air dan snack yang berharga normal di “market”.

Alanya adalah surganya barang KW alias palsu. Banyak tas bermerek terkenal dijajakan di toko-toko di kawasan Kleopatra dan harganya pun super mahal. Meskipun dapat ditawar, saya tidak bisa bayangkan harus menawar dari berapa Lira? Selain tas, banyak produk KW macam sepatu, baju, dan aneka jenis pakaian olah raga.

Untuk harga kursi malas di pantai dipatok 15 TKL atau 5 EUR per hari dan harga ini merupakan harga standar yang berlaku di sepanjang pantai Kleopatra. Kecuali jika di kawasan khusus hotel yang mungkin tidak disewakan untuk umum.

Senja di pantai Kleopatra
Senja di pantai Kleopatra

Mata Uang
Mata uang Turki adalah Turkish Lira dan tentunya berlaku di semua tempat di negara tersebut. Uniknya, di kawasan Alanya, mata uang Euro juga berlaku secara tidak resmi. Anda dapat membayar transaksi anda dengan Lira atau Euro dan satu Euro dihargai sebesar tiga Lira. Meskipun kurs resmi biasanya lebih dari tiga Lira, atau sekitar 3.1 hingga 3.15 Lira untuk satu Euro.

Anda bisa menukar Euro atau Dollar di money changer yang biasa disebut “Change Office” berwarna kuning yang biasanya memiliki nilai tukar bagus.

Bahasa
Karena kawasan wisata, hampir semua penyedia jasa wisata baik hotel, kafe, toko, atau lapak bisa berbahasa Inggris, Rusia dan Jerman. Namun tak ada salahnya jika anda tahu sekadar salam dan terima kasih dalam Bahasa Turki, yaitu Merhaba (Hai) dan Tasyakura Darim (Terima Kasih).

Demikian cerita tentang Alanya Turki dan bersambung…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *