Air Terjun Kedung Kayang

Lama tak menyambangi destinasi di sekitaran kabupaten Magelang, Jawa Tengah, saya dan seorang sobat pejalan iseng mengunjungi destinasi alam yang letaknya tak jauh dari Ketep Pass. Adalah air terjun bernama Kedung Kayang yang sudah lama menjadi magnet wisatawan selepas mengunjungi Ketep Pass. Air terjun yang bisa dibilang raksasa karena ketinggiannya dan debit airnya yang besar. Tak hanya itu, panorama alam di lembah sungai menjadi daya tarik tersendiri dan sensasi trekking menuju ke bawah air terjun akan membuat kaki anda semakin sehat.

Saya sendiri sudah mengenal air terjun ini sejak kisaran 2004 dan beberapa kali menyambangi destinasi ini bersama teman-teman dengan mengendarai sepeda motor dari Yogyakarta. Kali ini kami juga mengemas perjalanan ke Kedung Kayang dengan menyambangi gardu pandang Ketep Pass karena lokasi keduanya yang berdekatan, yaitu di desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Magelang.

Jembatan gantung di dekat Talun yang saya lewati menuju Ketep dan Kedung Kayang
Jembatan gantung di dekat Talun yang saya lewati menuju Ketep dan Kedung Kayang

Saya sarankan agar anda memulai perjalanan di pagi hari karena anda akan mendapatkan bonus udara segar di lereng gunung Merapi serta suasana pedesaan di Sawangan. Selain itu jika Ketep Pass masuk dalam agenda anda, maka perhentian pertama sebaiknya adalah Ketep Pass karena pemandangan gunung akan tampak apik di pagi hari. Tak tanggung-tanggung, jika anda beruntung, lima gunung akan terlihat dari gardu pandang Ketep Pass, yaitu Merapi, Merbabu, Slamet, Sumbing dan Sindoro. Selain kelima gunung tersebut, anda masih dapat ‘bonus’ berupa pemandangan beberapa gunung/ bukit kecil semacam Gunung Tidar, Gunung Andong, Gunung Pring, Perbukitan Menoreh, Perbukitan Telomoyo dan lain-lain.

Merapi terlihat tertutup awan tipis
Merapi terlihat tertutup awan tipis

Sekadar tips, di Ketep Pass terdapat dua anjungan/ pelataran untuk menikmati pemandangan. Pilihlah pelataran Pancaarga agar dapat menikmati pemandangan gunung-gunung tersebut dengan lebih jelas. Tanya pada petugas untuk lebih jelasnya.

Setelah menikmati gunung dan jagung bakar di Ketep Pass, kami melanjutkan perjalanan ke destinasi utama hari ini, Air Terjun Kedung Kayang. Melewati jalan ke arah Boyolali (tepatnya belok kiri di bawah Ketep Pass), perjalanan ke kawasan Kedung Kayang hanya ditempuh sekitar 15 menit. Memang jarak antara Ketep dan Air Terjun tidaklah jauh, mungkin hanya sekitar 3 Km saja. Perjalanan pun semakin mudah karena banyaknya papan petunjuk.

Papan petunjuk di kawasan
Papan petunjuk di kawasan

Anda akan dipungut retribusi desa sebesar Rp. 4000 per orang untuk memasuki kawasan air terjun. Kawasan ini juga berdekatan dengan bumi perkemahan Wonolelo yang biasanya dipakai kemah para pelajar atau mahasiswa. Secara umum Kedung Kayang dibagi menjadi dua kawasan, yaitu atas air terjun dan bawah air terjun. Keduanya dapat dijelajahi dalam waktu yang singkat, meskipun anda akan memerlukan tenaga ekstra untuk trekking. Maka siapkan lah fisik anda karena untuk mencapai bawah air terjun, pengunjung harus menuruni jalan beton dan dilanjutkan susur sungai. Menarik bukan?

Air Terjun terlihat dari atas
Air Terjun terlihat dari atas

Anda tak akan merasa lelah karena mata akan dimanjakan indahnya alam dan udara segar akan membuat anda tetap bersemangat. Kali ini kami tidak ke kawasan atas air terjun, kami langsung turun ke kawasan bawah dan kali itu banyak sekali wisatawan yang sudah berada di lokasi. Dibandingkan tahun 2004, kawasan ini belum tersentuh betonisasi dan semua masih tampak sederhana. Sekarang selain berbeton, jalan setapak pun sudah (sebagian) dilengkapi dengan pegangan dari pipa besi jadi semakin menambah keamanan para pejalan. Tak bisa dipungkiri jika keindahan Kedung Kayang telah merebak ke telinga warga sekitar Magelang dan Yogyakarta, bahkan dari dari provinsi lainnya.

Air terjun Kedung Kayang
Air terjun Kedung Kayang

Jernih air sungai dan kesejukan udara di sini sepertinya membuat betah para pejalan yang bervariasi dari keluarga hingga pasangan ABG. Berikut video mengenai Kedung Kayang yang telah saya siapkan untuk anda:

Jadi jika anda ke Yogyakarta atau Magelang, jangan lupa mampir ke air terjun Kedung Kayang. Selamat berpetualang! Have a Juicytrip!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *