8 Tempat yang harus dikunjungi di Vilnius, Lithuania

Vilnius, ibu kota negara Lithuania, mungkin belum sekondang ibukota negara-negara lain di eropa semacam Paris, Amsterdam, Roma, Vienna, Budapest, Berlin, dll, namun demikian kota ini menyimpan beragam destinasi dan icon wisata yang layak dikunjungi. Bila anda sedang merencanakan untuk traveling atau backpacking ke eropa barat maka anda bisa memasukkan Vilnius dalam daftar perjalanan anda.
Dari beragam tempat yang ada di Vilnius dan sekitarnya, saya akan merekomendasikan 8 tempat iconic yang harus anda kunjungi jika anda berkunjung ke Vilnius.
1. Katedral Vilnius
Katedral yang terletak di jantung kota tua Vilnius seolah menjadi maskot destinasi kota tua. Bangunan besar dengan beberapa pilar raksasa ditambah menara lonceng yang tinggi menjadikan bangunan ini tak mengherankan dijadikan icon.  Katedral disebut juga Basilika St. Stanislav and St. Vladislav yang mendapatkan gelar basilika atau gereja agung pada 1922.

Di sini Anda bisa melihat interior Katedral dengan berbagai ornamen, baik patung maupun lukisan. Katedral buka setiap hari dari jam 09:00 hingga 19:00 tanpa dipungut biaya. Para pejalan diharuskan untuk menjaga ketenangan dan sopan santun selama di dalam katedral karena bisa dimaklumi bahwa ini adalah tempat untuk berdoa.

image

2. Gediminas Castle
Tak jauh dari katedral, tepatnya di belakangnya, terdapat sebuah bangunan yang tak kalah iconic jika dibandingkan dengan katedral. Bangunan ini adalah sebuah bekas kastil penguasa Vilnius di masa lalu. Kastil ini merupakan bagian dari museum nasional Lithuania yang berada dibawah kastil. Kastil juga sebagai museum karena di dalamnya menyimpan aneka benda peninggalan kerajaan Lithuania di masa lalu semacam baju zirah, senjata, dll. Yang terbaik dari museum ini adalah puncak kastil, dari sini pejalan dapat menikmati panorama kota tua Vilnius dari atas. Tiket masuk ke kastil ini adalah €1,5.

3. Pilies Street
Destinasi ini hanya berwujud jalan kecil, namun demikian jalan ini cukup terkenal dan melegenda karena sudah ada sejak abad ke-16 dan dilewati oleh bermacam orang penting. Jalan ini berisi toko dan lapak suvenir, restoran, kafe dan hotel. Pilies juga menghubungkan katedral square menuju komplek Vilnius University, Vilnius Town Hall dan Kapel Gate of Dawn. Bagi anda pecinta kuliner, anda dapat menjajal cepelinai, makanan khas Lithuania, di salah satu restoran di jalan ini. Cepelinai adalah semacam perkedel raksasa yang diisi dengan daging sapi atau jamur dan disajikan dengan kuah jamur. Jika anda pecinta kopi, maka anda harus mencoba kedai kopi Coffee Inn yang memiliki dua warung di jalan ini.

4. Vilnius University
Universitas tertua di daratan eropa timur ini sangat cocok dikunjungi para fotografer yang suka fotografi arsitektur. Betapa tidak, kawasan universitas ini menyajikan tiga jenis gaya arsitektur yaitu gothic, barouque dan klasik. Dalam komplek yang ini juga terdapat gereja St. John yang memiliki menara lonceng tertinggi di kawasan kota tua. Anda bisa menikmati panorama kota tua dari atas dengan angle yang berbeda dibandingkan dengan atap Gediminas Castle. Namun untuk menaiki menara ini diharuskan membayar €2,5.

Vilnius University
Vilnius University

5. Vilnius Town Hall

Salah satu icon di kota tua Vilnius adalah sebuah bangunan gothic berpilar enam yang dinamai Vilnius Town Hall. Tak jauh dari Vilnius University, tempat ini memiliki halaman yang luas dan biasa dijadikan tempat untuk berbagai kegiatan dan tak lupa dijadikan latar untuk berfoto ria. Di samping kanan gedung ada gereja tua yang cukup megah dan jika musim panas, halaman ini akan penuh dengan kafe dadakan yang menjajakan aneka cemilan dan minuman.

6. Jalanan sempit Stiklių g., Gaono g., Žydų g.

Salah satu keunikan dan keindahan kota tua adalah jalan sempit berliku di antara gedung. Di kota tua Vilnius terdapat serangkaian jalan yang menurut saya cukup eksotis karena sangat “kota tua” dengan lantai batu dihimpit bangunan tua. Masih di dekat Vilnius Town Hall, rangkaian jalan ini bernama Stiklių g., Gaono g., Žydų g. (huruf g di sini berarti ‘jalan’). Sepanjang jalan ini, anda akan menemukan toko suvenir, restoran, hotel hingga kantor. Berfoto di tengah jalan pun menjadikan anda benar-benar memiliki ‘suvenir’ dari kota tua.

7. Uzupis

Yang ini bukanlah nama gedung atau jalan, melainkan nama sebuah kawasan yang mendeklarasikan dirinya sebagai kawasan ‘republik yang merdeka’ dan dijuluki Republik Uzupis. Tentu saja ini hanya julukan yang dibuat oleh para seniman yang tinggal di Uzupis karena daerah ini memang tempat para seniman. Saking nyentriknya, Uzupis memiliki lagu sendiri, konstitusi, presiden, uskup, dua gereja, salah satu kuburan tertua di Vilnius (Bernardine Cemetery), tujuh jembatan, dan penjaga (malaikat perunggu Uzupis). Konstitusi Republik Uzupis ditampilkan pada pagar di awal jalan Paupio.

Uzupis
Uzupis

Republik Uzupis juga menjadi favorit para pengantin baru untuk menguncikan gembok cinta di jembatan utama kawasan ini. Selain itu, yang paling ikonik bagi para pejalan adalah patung Backpacker Jesus yang berada di pinggiran sungai.

8. Gereja St. Anne

Dari puluhan gereja yang ada di Vilnius Old Town, salah satu gereja ini patut dikunjungi bukan karena alasan religius namun untuk sekadar mengagumi keindahan bangunan gereja yang disebut mahakarya gaya gothic. Sebuah cerita menyebutkan bahwa penguasa Perancis kala itu, Napoleon Bonaparte, pun jatuh hati pada keindahan gereja ini hingga ia berkata bahwa jika bisa ia akan menggenggamnya dan membawanya ke Paris. Meskipun pada kenyataannya, Napoleon menggunakan gereja ini untuk markas kavaleri. Lebih dari 500 tahun, gereja ini telah menjadi salah satu daya tarik Vilnius.

Gereja St Anne
Gereja St Anne saat musim panas

Meskipun demikian, masih banyak tempat yang tidak saya sebutkan di sini. Di sini masih ada berbagai macam gereja dan taman yang bisa anda nikmati keindahannya sembari bertualang di dalam kota tua. Jika anda memiliki waktu yang lebih banyak, anda bisa mengunjungi destinasi iconic di luar Vilnius seperti kastil Trakai yang terletak di tengah danau. Pemandangan indah ini berada di 27 Km barat kota Vilnius dan dapat anda gapai dengan menaiki minibus semacam mobil travel dari samping katedral atau dengan kendaraan umum dari stasiun bus. Yang paling mudah adalah dari samping katedral (arah ke Pilies street, dekat parkiran mobil) dimana anda dapat memesan tiket minibus di Tourist Information Centre dengan ongkos minibus pp sebesar €29. Inilah penampakan kastil tersebut:

Trakai di sore hari (maaf agak blur fotonya)
Trakai di sore hari (maaf agak blur fotonya)

Demikian rekomendasi tempat yang harus dikunjungi di Vilnius. Anda tertarik ke Vilnius?

Have a juicy trip!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *