2015: Banyak Harpitnas dan Long Weekend

Tahun baru saja berganti dan saya yakin anda telah menuliskan berbagai rencana dan harapan untuk tahun 2015. Tidak ketinggalan pula rencana berlibur panjang atau sekadar mengunjungi tempat baru di akhir pekan.  Liburan atau perjalanan ke suatu tempat adalah bagai obat yang manjur untuk mengusir penat, jenuh dan stress. Tak perlu jauh, destinasi yang dekat pun bisa jadi mujarap.

saya akan membahas mengenai hari libur di tahun ini karena mumpung masih Januari, ada baiknya kalau dari sekarang kita merencanakan liburan yang kita idamkan. Total jumlah hari libur nasional tahun 2015 adalah 15 hari ditambah 4 hari cuti bersama (Idul Fitri dan Natal) menjadi totalnya 19 hari. Uniknya, banyak libur yang jatuh pada hari Kamis, Jumat dan Sabtu sehingga menimbulkan efek long weekend dan Harpitnas (Hari Kejepit Nasional hehe). Tentu saja hal ini sangat penguntungkan buat para pejalan yang ingin memanfaatkan hari kejepit untuk melancong, atau dipadu-padankan dengan cuti tahunan.

Harpitnas

Mari kita lihat mulai Januari. Tahun baru 1 Januari 2015 jatuh pada Kamis, dan secara otomatis tanggal 2 Januari merupakan hari kejepit bagi anda yang saat ini memiliki libur pada hari Sabtu dan Minggu. Di bulan depan, tepatnya 19 Februari adalah libur Imlek dan kebetulan juga di hari Kamis

Langsung lanjut ke 14 Mei ada peringatan Kenaikan Yesus Kristus yang lagi-lagi jatuh di hari Kamis. Jumat, 15 Mei menjadi super terjepit karena hari Sabtu, 16 Mei adalah libur Isra Miraj Nabi Muhammad SAW. Lanjut ke bulan Juni, yaitu Selasa, 22 Juni adalah Hari Raya Waisak dan otomatis hari Senin, 21 Juni adalah Harpitnas.

Selanjutnya loncat ke tanggal 24 September saat Hari Raya Idul Adha 1436H yang lagi-lagi di hari Kamis.

Long Weekend

Long weekend pertama di 2015 terjadi pada April dimana ada peringatan Wafatnya Yesus Kristus yaitu Jumat, 3 April, dan dengan demikian libur akhir pekan bertambah satu hari. Selanjutnya adalah May Day atau Hari Buruh pada Jumat, 1 Mei.

Hari Ulang Tahun Republik tercinta jatuh pada hari Senin, 17 Agustus dan tentu saja libur akhir pekan berlanjut sampai hari tersebut.

Cuti Bersama

Selain Harpitnas dan long weekend, libur lain yang sangat fenomenal dengan arus mudiknya adalah Hari Raya Idul Fitri 1436H yang ditambahkan cuti bersama. Idul Fitri 1436H jatuh pada hari Jumat-Sabtu, 17-18 Juli 2015 dan cuti bersama diharuskan pada H – 1 (16/7) dilanjutkan ke hingga Selasa (21/7).

Hari Raya Natal 2015 jatuh pada hari Jumat, 25 Desember, dan cuti bersama diharuskan pada Kamis, 24 Desember.

Jadi bagaimana dengan rencana Anda? Banyak libur, banyak jalan? Jangan lupa reservasi tiket jauh-jauh hari bagi Anda yang sudah berencana.

Have a juicy trip!

Life is A Juicy Trip!
Life is A Juicy Trip!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *